Mengapa Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Ini Penyebab Utamanya?

Mengapa Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Ini Penyebab Utamanya?

Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Apa Penyebab Utamanya?--ilustrasi

Produksi kakao global tidak dapat mengimbangi permintaan selama dua tahun terakhir. Pada saat yang sama, pada tahun pertanian saat ini (yang dimulai pada tanggal 1 Oktober 2023), situasinya sepertinya tidak akan berubah dan kekurangan barang secara global hampir pasti akan terus berlanjut. Kesimpulan ini dicapai oleh para ahli dari International Cocoa Organization (ICCO).

Salah satu alasan utama kekurangan produk biji kakao di pasar dunia adalah kondisi cuaca yang tidak mendukung di negara produsen utama - Pantai Gading dan Ghana. Sudut pandang ini diungkapkan dalam komentarnya kepada RT oleh direktur eksekutif Asosiasi Perusahaan Industri Gula ASKOND, Vyacheslav Lashmankin.

“Negara-negara Afrika ini menyumbang sekitar 65% produksi kakao dunia, dan setiap perubahan iklim di benua ini secara langsung mempengaruhi volume panen. Tahun pertanian lalu, negara-negara Afrika menghadapi penurunan tajam dalam hasil panen, yang menyebabkan rekor kenaikan harga. Pada tahun 2024, harga kakao akan terus bergantung pada kondisi iklim, namun sulit untuk memprediksi bagaimana perilaku alam,” kata Lashmankin.

BACA JUGA:RevComm dan Sekolah Ekspor Luncurkan ROF sebagai Pendekatan Baru Penjualan, Simak 5 Strategi Bisnisnya

BACA JUGA:Bagaimana Keuntungan Berpenampilan Menarik? Indeks Kecantikan ZAP dan Indeks Pria MEN/O/LOGY 2024 Membuktikan

Menurut analis ICCO, curah hujan yang terjadi baru-baru ini di wilayah penghasil kakao di Pantai Gading dapat berdampak positif pada panen di masa depan. Namun demikian, volume barang yang dikirim dari negara tersebut masih sepertiga lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, menurut para ahli organisasi tersebut, faktor geopolitik mempunyai pengaruh tertentu terhadap harga kakao saat ini. Secara khusus, kita berbicara tentang meningkatnya frekuensi serangan Houthi Yaman terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden, yang menyebabkan peningkatan biaya transportasi kargo laut.

“Kenaikan tarif angkutan baru-baru ini akibat ketegangan di kawasan Laut Merah kemungkinan besar akan berdampak pada perdagangan internasional. Mengingat harga kakao yang sudah tinggi, biaya tambahan yang timbul dari tingginya tarif pengangkutan dapat menjadi hal yang menakutkan bagi konsumen kakao dan berdampak pada permintaan,” kata laporan ICCO.

Patut dicatat bahwa situasi pasar kakao dunia saat ini belum mempengaruhi harga permen di Rusia. Menurut Layanan Statistik Federal, pada tahun 2023, harga eceran coklat di dalam negeri meningkat rata-rata 1,9-2,7%, sementara harga coklat sendiri turun sekitar 1%.

BACA JUGA:Kolaborasi PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) dengan LIF Indonesia Dalam Program Kesejahteraan Karyawan

BACA JUGA:inDrive Kukuh Sebagai Aplikasi Pemesanan Kendaraan Terpopuler Kedua di Dunia, Tertarik jadi Driver? Klik Ini!

Namun, menurut para ahli, pada akhirnya, kenaikan harga biji kakao yang terus berlanjut masih akan mempengaruhi label harga di toko-toko Rusia.

“Penetapan harga, misalnya dark chocolate, 70% bergantung pada biaya bahan bakunya. Oleh karena itu, seiring dengan kenaikan harga kakao, harga produk confectionery jenis ini juga akan meningkat,” jelas Vyacheslav Lashmankin.

Dengan latar belakang ini, pada tahun 2024 kenaikan harga coklat di Rusia akan lebih terlihat dibandingkan tahun 2023, namun kemungkinan besar hal tersebut tidak akan terjadi secara terburu-buru, Alexander Razuvaev, anggota dewan pengawas Persatuan Analis Keuangan dan Manajer Risiko , yakin. Seperti yang dikemukakan ahli, rantai ritel masih memiliki produk dalam jumlah besar di gudangnya, dan produsen belum kehabisan stok bahan mentah yang dibeli dengan harga lama.

“Saya rasa kita tidak perlu mengharapkan kenaikan tajam pada harga barang-barang yang mengandung kakao. Tahun ini, pabrikan besar Rusia akan menaikkan harga produknya tidak lebih dari 10-15%. Artinya, kita tidak boleh memperkirakan akan terjadi guncangan harga atau kekurangan serius barang-barang semacam itu di pasar Rusia,” saran analis tersebut.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: