Desa Cahaya Bathin Titik Nol Pembangunan Jalan Usaha Tani Dana Desa 2024

Desa Cahaya Bathin Titik Nol Pembangunan Jalan Usaha Tani Dana Desa 2024

Desa Cahaya Bathin Titik Nol Pembangunan Jalan Usaha Tani Dana Desa 2024--ilustrasi

Desa Cahaya Bathin Titik Nol Pembangunan Jalan Usaha Tani Dana Desa 2024

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Cahaya Bathin Kecamatan Semidang Gumay Kabupaten KAUR Provinsi Bengkulu mulai realisasikan kegiatan fisik penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024, yakni dengan melakukan Titik Nol pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), Senin 18 Maret 2024.

Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan).

Jalan Usaha Tani bertujuan untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.

BACA JUGA:10 KPM BLT DD 2024 Desa Cahaya Bathin Semringah, Diringankan Beban Keuangan di Bulan Ramadhan 1445 H

BACA JUGA:Penerbangan Perintis Krui - Bengkulu dan Sebaliknya, Wisatawan ke Kaur Hemat Waktu 2 Jam

Pemdes Cahaya Bathin melaksanakan titik nol dengan pembangunan Jalan Usaha Tani dengan Volume panjang (JUT) tersebut yaitu 1.100 meter. Dengan kegiatan pembukaan jalan baru, plat deket dan pasang talot.

Adapun anggaran yang disediakan yakni Rp272.524.000 yang bersumber dari Dana Desa 2024.

Kepala Desa Cahaya Bathin Hanifatus Shalihin menjelaskan, pembangunan (JUT) akan segera dikerjakan dengan terlebih dahulu melakukan pembukaan jalan baru.

Jalan Baru ini akan melintasi sawah, kebun jagung, Kacang Hijau, Kacang Tanah maupun kebun singkong yang merupakan sentra produksi pangan.

BACA JUGA:RSUD Kaur Miliki Dokter Spesialis THT serta Fasilitas dan Peralatan Lengkap

BACA JUGA:Agar Gaharu Cepat Berisi, Suntikan Inokulan Alami Ini, Begini Cara Membuatnya Inokulan Gaharu

Sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) penyampaian usulan pembangunan bersama BPD dan tokoh masyarakat akhir 2023 lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: