10 Kue Tradisional Sajian Pernikahan Bengkulu, Acara Sakral Lamaran hingga Resepsi Pernikahan

Minggu 11-12-2022,17:59 WIB
Reporter : Redha Pitria
Editor : Muhammad Isnaini

 

7. Cucur Pandan


Cucur Pandan, kue tradisional khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Cucur Pandan kue pendamping prosesi lamaran dan pernikahan masyarakat Bengkulu. Apabila masyarakat tidak menyertakan cucur Pandan dalam acara sakral pernikahan, rasanya pernikahan tersebut melepas bagian dari budayanya.  

 

Sementara itu, kue cucur terbuat dari bahan dasar tepung dan gula merah yang memiliki citarasa manis dengan tekstur yang empuk. Konon, bentuk kue yang mirip bentuk roda dengan lubang ditengah memiliki filosopi tersendiri.  

 

8. Kelicuk Siwuk (Ketan)


Kelicuk, Kue Tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Kelicuk merupakan makanan olahan dari ketan yang dikukus menggunakan daun pisang. Kelicuk adalah kue tradisional sajian pernikahan yang wajib ada oleh masyarakat Kaur.

Fungsi dari Kelicuk ini, selain untuk hidangan kue saat menjamu tamu. Fungsi lainnya berupa sajian kue untuk seluruh tamu yang yang datang ke acara pernikahan. 

Rasa kelicuk sendiri terbilang lezat dan unik. Dimana makanan ini diolah dengan cara mengukus beras ketan yang sudah dicampuri santan dan bahan lainnya. Tekstur kelicuk sangat lembut dengan aromanya yang harum.  

 

9. Lepek Binti


Lepek Binti, kue tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Lepek Binti termasuk kategori kue tradisional khas Bengkulu dengan jumlah penggemar yang tinggi. Citarasanya yang lezat mudah diterima oleh semua kalangan dan suku. Lepek Binti kue tradisional untuk menyambut tamu pernikahan.  

Kategori :