Jalinbar Manna – Seluma Longsor, BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Petir

Jalinbar Manna – Seluma Longsor, BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Petir

Jalinbar Manna - Seluma longsor setelah diguyur hujan lebat. Poto : Ilustrasi--

 

RADARKAUR.CO.ID, SELUMA – Hujan lebat yang mengguyur seluruh wilayah Provinsi Bengkulu sejak Rabu (29/6/2022) dini hari hingga Kamis (30/6/2022) pagi, menyebabkan sejumlah longsor dan banjir.

 

Longsor dan banjir juga terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Manna – Seluma. Tepat di Desa Sendawar Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma.

 

Informasi yang diterima radarkaur.co.id, longsor diperkirakan terjadi pada Rabu malam. Jalan itu nyaris tidak bisa dilewati.

 

Setengah badan jalan sudah amblas. Sementara sebagian jalan lain sudah mulai terkikis.

 

Praktis hanya kendaraan roda 2 dan roda 4 ukuran kecil yang bisa lewat. Untuk kendaraan roda empat ukuran menengah harus hai-hati, agar tidak terperosok.

 

Sementara untuk kendaraan jumbo terpaksa harus menunggu sampai dibuatkan jalan alternatif.

BACA JUGA:Pasca Hujan Jalan Licin, Pengendara Diminta Hati-hati

 

“Longsor terjadi Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu hujan deras,” terang Kapolsek SAM Ipda Catur Teguh Susanto.

 

Saat ini jalan raya masih bisa dilewati dengan system buka tutup. Khusus kendaraan berukuran besar harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok.

 

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Bengkulu. Untuk tanggal 30 Juni 2022 pukul 06:55 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan Angin Kencang pada pukul. 07:00 WIB.

 

Meliputi Kabupaten Bengkulu Selatan: Kedurang, Pino Raya, Kedurang Ilir, Air Nipis, Ulu Manna, Bunga Mas.

 

Kabupaten Rejang Lebong: Sindang Kelingi, Bermani Ulu, Selupu Rejang, Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Dataran, Bermani Ulu Raya.

BACA JUGA:Pesawat Lion Air Batal Mendarat di Bandara Fatmawati, Sempat Berputar Berjam-Jam

 

Kabupaten Bengkulu Utara: Kerkap, Kota Arga Makmur, Giri Mulya, Padang Jaya, Lais, Batik Nau. Ketahun, Napal Putih, Air Besi, Air Napal, Hulu Palik, Air Padang, Arma Jaya, Tanjung Agung Palik, Ulok Kupai, Pinang Raya, Marga Sakti Sebelat.

 

Kabupaten Kaur: Kinal, Tanjung Kemuning, Kaur Utara, Kelam Tengah, Lungkang Kule, Padang Guci Hilir, Padang Guci Hulu.

 

Kabupaten Seluma: Sukaraja, Seluma, Talo, Semidang Alas, Air Periukan, Lubuk Sandi, Seluma Barat, Seluma Timur, Seluma Utara, Seluma Selatan, Talo Kecil, Ulu Talo, Ilir Talo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: