Turunkan Tekanan Darah, Lansia Senam Prolanis

Turunkan Tekanan Darah, Lansia Senam Prolanis

Nakes Puskesmas Muara Sahung bersama para lansia senam bersama, Selasa (12/7).--

radarkaur.co.id, MUARA SAHUNG - Selain menghindari konsumsi penyebab naiknya tekanan darah. Pada kaum lanjut usia (Lansia). Melakukan senam Prolanis diyakini merupakan sebuah metode menurunkan tekanan darah.

Seperti dilakukan Puskesmas Muara Sahung bersama puluhan lansia, Selasa (12/7).

Senam Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis bagi lansia, yaitu berupa aktivitas fisik yang teratur dan terarah yang disarankan bagi orang lansia.

BACA JUGA: Lapangan Merdeka Bintuhan Jadi Pusat Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Kepala Puskesmas (Kapus) Muara Sahung, Sumpurnahati, Amd.Kep, S.KM mengatakan, dalam kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT ke-54 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Digelar secara serentak se-Indonesia, diikuti peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Di puskesmas kami. Kegiatan senam ini tak hanya diikuti oleh lansia yang menderita hipertensi. Tapi juga penderita diabetes melitus atau kencing manis," ujar Kapus Muara Sahung, Rabu (13/6).

BACA JUGA: Organisasi Kepala Desa Berganti, Dari FKKD Menjadi APDESI

Tak hanya senam Prolanis. Pemeriksaan kesehatan secara gratis pada lansia, turut dilakukan dalam kegiatan tersebut. Dilakukan pengecekan terhadap sejumlah gangguan kesehatan.

Seperti kolesterol, asam urat, gula darah, serta lainnya. Hal tersebut agar mendapat penanganan medis sejak dini.

Terpisah, Tokoh Masyarakat (Tomas) Desa Ulak Bandung, Darusi (63) saat disambangi RKa mengungkapkan, sejak beberapa waktu terakhir pelayanan kesehatan di satuan itu, semakin lebih baik. Dikatakannya, hal itu memang perlu dilakukan. 

BACA JUGA: Tragis, Bujang Tua Ini Cabuli Bocah SD Sambil Berdiri hingga Hamil

Sebab, dengan rentan jarak yang cukup jauh dari rumah sakit. Fasilitas kesehatan itu menjadi ujung tombak, dalam penanganan kesehatan bagi masyarakat.

"Menurut pendapat saya. Pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas Muara Sahung semakin lebih baik dibanding sebelumnya. Tentunya harapan kami agar ini dipertahankan," ungkapnya. (yie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: