Banjir, Petani Jagung Merugi Rp 299,4 Juta

Banjir, Petani Jagung Merugi Rp 299,4 Juta

Tim Distan BS melakukan survei terhadap kebun jagung di wilayah Kecamatan Pasar Manna, Kamis (1/9).--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Dampak dari hujan deras menimbulkan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten BS sejak Senin (29/8) hingga Rabu (31/8). Menyebabkan 58,95 hektar (Ha) lahan jagung warga BS yang tersebra di beberapa kecamatan rusak, Kamis (1/9). 

Plt Kadis Pertanian BS Edi Siswanto, S.Pt melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hultikultura Ikat Aliman, SP membenarkan, ada 58,95 Ha kebun jagung yang rusak tersebar.

BACA JUGA: SDN 120 Kaur Kekurangan Guru

BACA JUGA: Mypertamina Mulai Diberlakukan

Untuk kebun jagung yang rusak di Kecamatan Kota Manna 16,25 Ha, di Kecamatan Manna ada 0,4 Ha. Lalu di kecamatan Pino 5,34 Ha, Kecamatan Kedurang Ilir 6,25 Ha. Kemudian, Kecamatan Kedurang 20,65 Ha dan di Kecamatan Pasar Manna ada 10,11 Ha.

"Sesuai laporan yang kami terima memang banyak kebun jagung rusak dihantam banjir. Jika ditotalkan kerugian yang dialami petani jagung mencapai Rp 299, 4 juta," tuturnya.

BACA JUGA: Sungai Meluap, Jalinbar Sumatera dan Puluhan Rumah Kebanjiran, 4 Hampir Terendam

BACA JUGA: Begini Kondisi Dokter Spesialis yang Alami Kecelakaan

Terpisah, Sekda BS Sukarni Dunip, SP, M.Si mengaku, turut prihatin atas musibah yang dialami petani jagung.

Oleh karena itu, Sekda berharap musibah tersebut dapat disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS, BPBD Provinsi hingga ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BACA JUGA: 2 Pelaku Judi QQ Dibekuk, Uang Rp415 Ribu Diamankan

"Ya, musibah ini akan kita sampaikan ke BPBD hingga BNPB. Agar nanti ada bantuan bagi para korban bencana tersebut," demikian Sekda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: