Gubernur Cek Kesiapan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Polresta Bengkulu Pastikan Lalu Lintas Nataru Lancar

Gubernur Cek Kesiapan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Polresta Bengkulu Pastikan Lalu Lintas Nataru Lancar

Gubernur Cek Kesiapan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Polresta Bengkulu Pastikan Lalu Lintas Nataru Lancar --Tangkapan Layar Video MCNEWS Diskominfo Provinsi Bengkulu.

Adapun pengendara yang melintasi jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dipastikan adalah pemudik yang akan mudik ke kampung halaman untuk merayakan natal 2022 dan pergantian tahun bersama keluarga.

Ribuan pemudik dipastikan memilih alternatif ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung demi kelancaran menuju kampung halaman. 

BACA JUGA:Bahan Bakar CNG Begitu Memikat, Cadangan Gas Bumi Indonesia Sangat Melimpah, Terkaya di Dunia 

BACA JUGA:Fenomena Self Branding di Instagram dan Telaah Teori Sociomateriality

Polresta Bengkulu tentunya menerapkan protokol berlalu lintas, demi menjaga kelancaran dan keamanan berlalu lintas. Hal ini guna menekan angka kemacetan yang diperkirakan ribuan pemudik melintas di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung. 

Pemudik yang melintasi jalan Tol dipastikan masyarakat dari Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Rejang Lebong, Kepahiang, Kabupaten Lebong, Lubuk Linggau dan wilayah cakupan Sumatera Selatan. Tentu hal ini menjadi PR bagi pihak-pihak yang bertugas di Pos pengamanan Tol Bengkulu-Taba Penanjung. 

Sementara itu, dilansir radarkaur.co.id.dari bengkuluekspres.disway.id, soal tarif melintasi jalan Tol dipastikan gratis. Melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1482/KPTS/M/2022 membahas tentang penetapan golongan kenis kendaraan bermotor dan besaran tarif Tol Lubuk Linggau-Curup Bengkulu Seksi 3 (Bengkulu – Taba Penanjung), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola saat ini masih menerapkan Rp 0,-. 

Secara terpisah, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro meminta masyarakat untuk melintasi jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dengan aman serta tetap memperhatikan protokol berlalu lintas.

BACA JUGA:PENGUMUMAN! Seleksi PPPK Tenaga Teknis Sudah Dibuka BKN, Langsung Daftar di Link berikut!

BACA JUGA:Beralih ke CNG Harus Cermat, Berikut 13 Cara Pemasangan Konverter Kit BBG, Hindari Risiko Kecelakaan

Skenario yang ia jelaskan terkait uji laik fungsi saat lebaran 2022 sudah memenuhi standar protokol berlalu lintas di jalan tol. 

Meskipun belum dikenakan biaya atau tarif untuk melintasi jalan Tol ini, PT. Hutama Karya tetap meninjau prosedur penggunaan jalan Tol. Pengendara yang melintasi jalan Tol tetap harus melakukan Tapping kartu uang elektronik. Dengan sistem one get atau sekali tapping di gerbang tol daerah Betungan. 

Selain itu, sebelum memasuki gerbang tol pengendara harus memeriksa saldo Uang Etektronik. Jika pengendara lupa mengisi saldo UE PT. Hutama Karya juga membangun aplikasi HK. Toll Apss. Dimana pengendara yang akan melintasi tol bisa melakukan top-up saldo pada fitur cek saldo.

“Sesuai arahan Kepmen, pihak kami sudah siap mengoperasikan jalan Tol. Dalam upaya mendukung operasi jalan Tol Nataru ini, Polresta Bengkulu menyiapkan 101 personil siaga dari gabungan petugas layanan operasi, paramedis dan patroli. Dengan memberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) daerah Betungan,” tutup Koentjoro.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: