Targetkan 1.000 Ha Kedelai Anjasmoro

Targetkan 1.000 Ha Kedelai Anjasmoro

11 Paket Proyek Pakan Ternak di Dinas Pertanian Kaur, Nilainya 4 Miliar Lebih, Ini Rincian Lokasi dan Nilainya--(dokumen/radarkaur.co.id)

BINTUHAN, RADARKAUR.CO.ID - Pada 2023 mendatang, Dinas Pertanian Kaur akan melakukan pengajuan bantuan bibit kedelai anjasmoro ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk lahan 1.000 Hektare (Ha).

Pada November lalu, telah dilakukan penanaman perdana di Desa Sumber Harapan Kecamatan Nasal seluas 600 Ha. 

Kadis Pertanian Kaur, Lianto, S.P mengatakan, pengembangan kedelai anjasmoro ini sebagai tindak lanjut bantuan yang diterima Pemda Kaur dari Kementerian Pertanian RI.

Nantinya bukan hanya bibit yang akan diajukan ke Kementerian Pertanian, namun juga Sarana Produksi (Saprodi). Seperti pupuk, insektisida untuk membasmi hama, serta kebutuhan lainnya untuk menunjang produksi.

BACA JUGA:Pengen Saldo DANA Gratis? Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Bisa Terima Mulai Rp10 Juta

BACA JUGA:10 Syarat Ajukan Pensiun Dini, Persiapkan Dirimu Dalam Skema Pensiun Dini Massal

“Untuk tahun ini tahap awal, sudah melakukan penanaman. Sudah ada 600 Ha lahan untuk pengembangan kedelai anjasmoro. Tahun depan target akan ditingkatkan menjadi 1.000 Ha," ungkapnya.

Dia menambahkan, penjualan kedelai ini nantinya akan dijual ke Jawa. Untuk saat ini harga Rp 13 ribu per Kg. Untuk satu hektar bisa menghasilkan 6-8 ton kedelai.

Dengan kembali dilakukannya pengembangan seluas 1.000 Ha di tahun 2023, berarti Kaur sudah memiliki lahan kedelai seluas 1.600 Ha. 

"Kami akan selalu mendampingi bagaimana kedelai yang ditanam dapat menghasilkan secara maksimal, sehingga bisa berpotensi menjadi daerah penghasil kedelai," ucapnya.(fps)

BACA JUGA:BBM Pertamina Subsidi Kualitas Rendah Disuntik Mati, CNG Mulai Unjuk Gigi, Solar dan Pertalite Tanda Tanya

BACA JUGA:5 Hari Lagi, Aturan Baru BBM Subsidi Berlaku, Pertalite dan Solar Ditata Ulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: