CNG Didukung Gantikan BBM untuk Kendaraan, Ini Lokasi Pengisian dan Biaya Pemasangan Tabung

CNG Didukung Gantikan BBM untuk Kendaraan, Ini Lokasi Pengisian dan Biaya Pemasangan Tabung

CNG Didukung Gantikan BBM untuk Kendaraan, Ini Lokasi Pengisian dan Biaya Pemasangan Tabung--Tangkapan layar twitter @PGN

Khusus bagi industri hotel, restoran dan café di Bali, Pertagas Niaga optimis dapat mengalirkan gas bumi baik CNG maupun LNG sebesar 12.000 MMBTU per bulan yang dipasok dari gas Jawa Timur maupun Kalimantan. Volume ini diprediksi akan naik signifikan dengan kesadaran pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan. CNG dan LNG disalurkan oleh Subholding Gas Pertamina sebagai alternatif bagi konsumen yang wilayahnya belum tersambung jaringan pipa gas.

Alex Jovanovich, General Manager Trans Hotel Seminyak, menjelaskan inisiatif konversi bahan bakar bukan tanpa risiko. Namun hal itu tetap dijalankan karena manajemen menilai penggunaan CNG yang bahan bakunya berasal dari Indonesia jadi salah satu cara untuk mendukung transisi energi yang sedang didorong terus oleh pemerintah Indonesia.

BACA JUGA:Bersiap dengan Aturan Baru BBM berlaku 1 Januari, 3 Jenis BBM Hitung Mundur, Waktu Tersisa 12 Hari lagi

BACA JUGA:Penantian Messi dan Argentina Selama 36 Tahun Tuntas di Piala Dunia 2022

“Kita bukan tanpa risiko, misalnya masalah safety tapi tetap kita lakukan dengan prosedur ketat. Karena kita melihat sumber daya gas ada di sini, selain itu kami juga mau terlibat dalam transisi energi yang tidak dapat dihindari lagi, energi lebih bersih yakni dengan menggunakan CNG atau gas,” ungkap Alex.

Selain CNG berikut beberapa bahan bakar elternatif pengganti BBM.

Etanol

Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin pertama adalah Etanol. Jika dilihat dari namanya etanol merupakan campuran dalam minuman alkohol.

Yang membedakannya adalah etanol yang satu ini telah dicampurkan dengan bensin. Umumnya cairan yang satu ini digunakan untuk mobil penumpang.

Kebanyakan cairan ini digunakan untuk truk, motor, mesin pertanian dan moped.

Etanol berasal dari proses fermentasi gula secara alami, berasal dari tanaman menggunakan ragi yang distilasi dan dikeringkan.

BACA JUGA:10 Hari Lagi, Aturan Baru BBM Berlaku 1 Januari 2023, 3 Jenis BBM Dilarang Edar

Bensin yang dicampur dengan etanol mampu mengoksidasi bahan bakar sehingga membuat bekerja lebih efektif dan mengurangi emisi.

Hal tersebut membuat etanol menjadi salah satu energi alternatif yang baik digunakan untuk mengurangi pencemaran udara.

Biomassa Methane
Alternatif bahan bakar kendaraan pengganti bensin yang satu ini bisa Anda jumpai di sekitar sumber minyak bumi. Kebanyakan biomassa metana diperoleh dari fermentasi biomassa seperti pengolahan limbah makanan, sampah, lumpur limbah dan bubuk kopi atau teh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: