Benarkah Main Ponsel dan Alat Elektronik Picu Tersambar Petir?

Benarkah Main Ponsel dan Alat Elektronik Picu Tersambar Petir?

Petir Menyambar di Seginim Bengkulu Selatan, Pondok Sawah Luluh Lantak, 1 Pria Paruhbaya Meninggal Dunia--(dokumen/radarkaur.co.id)

"Tiang listrik atau telepon biasanya menjulang tinggi dan saling berhubungan antar tiang. Jika satu tiang tersambar petir maka akan langsung disalurkan ke tiang lain," lanjutnya.

Setelah itu, aliran listrik dari petir yang menyambar tiang bisa menjalar mengenai perangkat elektronik yang tersambung ke kabel.

"Semua perangkat yang terhubung ke colokan listrik dan kabel tembaga akan langsung mendapatkan listrik dalam jumlah yang sangat tinggi jika ada tiang listrik yang tersambar," jelasnya.

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1444 H, Kamis 23 Maret 2023

BACA JUGA:7 jurusan Kuliah Incaran CPNS 2023 Kemenkumham, Kesehatan Paling Banyak Dicari, Lulusan SMA Bersiap

Menurut Alfons, situasi ini tidak akan mengenai perangkat yang menggunakan kabel fiber optik (FO). Ini karena FO tidak terbuat dari tembaga sehingga tidak menghantarkan listrik.

Perangkat wireless aman

Sebaliknya, Alfons menyebut bahwa saat ini belum ada bukti perangkat wireless akan mengalami kondisi yang sama dengan perangkat berkabel.

Menurutnya, orang yang menggunakan alat elektronik tanpa kabel tidak akan tersetrum ketika menggunakannya di saat hujan petir.

"Perangkat hp atau laptop di dalam rumah yang terhubung ke Wifi tetapi tidak dicolokkan ke listrik itu tetap aman karena tidak terhubung ke kabel listrik," tambahnya.

Sementara komputer atau perangkat yang terhubung ke internet menggunakan router bisa terkena arus listrik dari petir melalui saluran kabel LAN yang terbuat dari tembaga.

BACA JUGA:7 Jurusan Paling Dicari CPNS 2023 Pegawai Kemenkeu, Formasi Berikut Prioritas KemenPan RB

BACA JUGA:Syarat Usulan CPNS 2023 Instansi Daerah yang Bakal Diterima Kemenpan RB, Daerahmu Termasuk Tidak? Cek Sini!

Lantas apa solusinya?

Untuk mencegah perangkat elektronik tersambar petir, Alfons menyarankan agar alat elektronik yang tersambung ke listrik melalui kabel harus dicabut saat hujan petir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: