Rusia Berlakukan Bea Cukai Fleksibel Terkait Nilai Tukar Rubel

Rusia Berlakukan Bea Cukai Fleksibel Terkait Nilai Tukar Rubel

Rusia Berlakukan Bea Cukai Terkait Nilai Tukar Rubel--radarkaur.co.id

Pada 90-95 rubel per dolar, beanya akan menjadi 5,5%, pada 85-90 rubel - 4,5%, pada 80-85 rubel - 4%, dan jika tarif turun di bawah 80 rubel, bisnis akan dibebaskan dari pembayaran.

Inovasi tersebut menyangkut berbagai macam produk. Daftar tersebut, misalnya, mencakup ikan, telur, sayuran, buah-buahan, teh, kopi, sereal, ikan olahan dan produk daging, gula, minuman beralkohol dan non-alkohol, serta produk tembakau, kecuali cerutu.

Selain itu, bea masuk mempengaruhi ekspor bahan peledak, karet, bulu, kertas, sutra, wol, kapas, keramik, batu mulia, sejumlah logam dan barang lainnya.

BACA JUGA:4 Daerah Penghasil Kopi Arabika Terbesar di Sumatera Utara, Simalungin dan Tapanuli Utara Urutan berapa?

BACA JUGA:4 Daerah Perkebunan Kopi Terluas di Provinsi Bengkulu, Kaur Urutan Ketiga, 3 Daerah Ini Disebut Segitiga Emas

Pada saat yang sama, rezim khusus berlaku untuk ekspor pupuk. Bagi mereka, tarif bea akan menjadi 7% jika nilai dolar di bawah 80 rubel dan 10% jika nilai tukar lebih tinggi.

“Langkah ini mengurangi dampak nilai tukar terhadap neraca perdagangan dan menciptakan prasyarat untuk memperluas pasokan di pasar domestik. Hal ini, pada gilirannya, akan berdampak menahan harga banyak barang bagi konsumen Rusia,” komentar Liliya Shchur-Trukhanovich, kepala departemen pengembangan dan pengaturan kegiatan ekonomi luar negeri di Kementerian Pembangunan Ekonomi.

Pada saat yang sama, menurutnya, barang-barang bernilai tinggi dan produk-produk yang memiliki porsi besar komponen impor yang dibeli dengan mata uang asing dalam biayanya dikecualikan dari bea keluar.

Selain itu, inisiatif ini tidak berdampak pada produsen obat-obatan, bahan kimia rumah tangga, industri ringan, parfum dan kosmetik Rusia, yang kini secara aktif memasuki pasar ekspor baru.

BACA JUGA:Digadang jadi Pesaing PT Freeport, Tambang Emas di Bengkulu ini Punya Cadangan 100 Tahun

BACA JUGA:Harganya 10 Kali Lebih Mahal dari Emas, Logam Mulia ini jadi Harta Karun Paling Langka

Selain itu, jika diperlukan, parameter bea keluar yang diberlakukan dapat direvisi untuk menghindari permasalahan bagi perusahaan. Wakil Perdana Menteri dan Kepala Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov tidak menutup kemungkinan tersebut.

“Kami sangat berhati-hati untuk memastikan bahwa hal ini tidak mempengaruhi program investasi perusahaan, jadi semuanya cukup seimbang. Namun saat kami menerapkan keputusan ini, kami akan memantau situasi dan... mempertimbangkan permintaan dari perusahaan jika diperlukan penyesuaian. Tapi kami mencoba memeriksa semuanya,” TASS mengutip pernyataan menteri tersebut.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: