Tol Lampung Bengkulu dan Potensi Ekonomi Biru di Kawasan Pesisir Barat Sumatera

Tol Lampung Bengkulu dan Potensi Ekonomi Biru di Kawasan Pesisir Barat Sumatera

Tol Lampung Bengkulu dan Potensi Ekonomi Biru di Kawasan Pesisir Barat Sumatra--radarkaur.co.id

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Penguatan rencana pembangunan Tol Lampung Bengkulu via Pesbar KAUR memicu harapan terhadap pengembangan potensi ekonomi biru di Kawasan Pesisir Barat Sumatera.

Keberadaan jalan tol Lampung Bengkulu via Pesbar Kaur akan memicu pertumbuhan sektor ekonomi kabupaten-kabupaten yang nanti akan dilaluinya. Keuntungan demikian tidak bisa dirasakan jika pemerintah tidak merealisasikan pembangunan tol Lampung Bengkulu dan tetap fokus dengan pembangunan Tol Palembang Bengkulu.

Kawasan pesisir barat sumatera selama ini mengandalkan sektor ekonomi yang bertumpu pada sektor perikanan dan potensi hasil laut lain.

Penggalakan pembangunan ekonomi biru yang digaungkan oleh pemerintah saat ini belum berhasil menyentuh daerah-daerah tersebut. Umumnya pengembangan ekonomi biru itu terkendala dengan sistem transportasi yang belum memadai.

BACA JUGA:Tol Palembang Bengkulu Gagal Tersambung, Rencana Tol Lampung Bengkulu via Pesbar Kaur Kembali Menguat

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Diamuk Jago Merah, Rumah, Kendaraan dan Alat Bengkel Terbakar, Warga Kaur Rugi Rp85 Juta

Sehingga membutuhkan biaya besar untuk angkutan barang yang melalui kawasan pesisir barat sumatera itu.

Maka sudah bisa dipastikan bahwa rencana pembangunan Jalan Tol Lampung Bengkulu via Pesbar Kaur ini akan mendapatkan dukungan dari para bupati di kawasan pesisir barat sumatera.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Tanggamu Lampung Dewi Handajani. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu koridor dari Exit Tol Trans Sumatera itu akan melintasi Kabupaten Tanggamus.

Diakuinya bahwa saat ini tanpa jalan tol, jarak tempuh dari Tanggamus ke Pusat pemerintahan Provinsi Bengkulu memakan waktu 3-4 jam. Sehingga jika nanti dibangun Tol Lampung Bengkulu, maka jarak tempuh bisa dipangkas hingga paling lama hanya 1 jam.

BACA JUGA:Merebak Isu 'Honorer Siluman' Lolos Seleksi Administrasi PPPK 2023 di Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Kisah Cinta Bule Jerman dan Bidan asal Sumsel, Kenalan di Facebook jadi Mualaf dan Satset Langsung Menikah

Dikatakannya bahwa untuk wilayah Provinsi Lampung, daerah yang berada di wilayah barat agak tertinggal pembangunan sektor transportasi. Sebab wilayah Lampung bagian timur sudah dilintasi jalan tol, sehingga akses transportasi lebih cepat.

Padahal kabupaten yang berada di wilayah barat ini sangat padat penduduk, kendaraan ramai. Sementara jalannya masih sempit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: