Apa yang Melatarbelakangi niat Inggris dan Norwegia Memasok kapal untuk Angkatan Laut Ukraina

Apa yang Melatarbelakangi niat Inggris dan Norwegia Memasok kapal untuk Angkatan Laut Ukraina

Apa yang Melatarbelakangi niat Inggris dan Norwegia Memasok kapal untuk Angkatan Laut Ukraina--ilustrasi

Menurutnya, pemindahan dua kapal penyapu ranjau “menandai dimulainya upaya baru yang terfokus oleh Inggris, Norwegia” dan sekutu mereka untuk memperkuat potensi maritim Ukraina dalam jangka panjang.

Duta Besar Rusia untuk Inggris Andrey Kevin telah menanggapi inisiatif London dan Oslo. Diplomat tersebut percaya bahwa nasib kapal-kapal Inggris di Angkatan Laut Ukraina tidak akan menyenangkan.

BACA JUGA:Sonoda Stand Nakano, Tempat Nongkrong Ikonik untuk Semua Umur, Restoran Tradisional yang Disegani!

Dengan tidak adanya armada

Sebelumnya, pada Agustus 2023, Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan selesainya pelatihan sekitar 1.000 Marinir Angkatan Bersenjata Ukraina. Tercatat bahwa selama pelatihan enam bulan, khususnya, operasi pendaratan di kapal kecil dipraktikkan.

Selain itu, program pelatihan tersebut mencakup penggunaan sistem rudal anti-tank NLAW, sistem pertahanan udara portabel manusia Stinger, mortir, dan UAV pengintai. Selain itu, Inggris melatih personel Angkatan Bersenjata Ukraina untuk mengatasi hambatan anti-tank.

Perlu dicatat bahwa pelatihan marinir hanyalah bagian dari program yang dilaksanakan oleh Inggris untuk melatih personel militer Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pada saat yang sama, London sedang melakukan apa yang disebut Operasi Interflex, di mana lebih dari 30 ribu warga Ukraina telah menjalani pelatihan di bawah bimbingan instruktur Inggris.

BACA JUGA:Terra Drone Indonesia Berpartisipasi Bahas Tantangan Urban Air Mobility (UAM) dan Advanced Air Mobility (AAM)

Bantuan London dalam memperkuat Angkatan Laut Ukraina tidak terbatas pada pelatihan marinir dan penyediaan kapal. Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, Inggris juga mengirim drone angkatan laut ke Ukraina, yang dengannya rezim Kiev berulang kali mencoba menyerang infrastruktur Rusia dan kapal Armada Laut Hitam Rusia.

Pada saat yang sama, London mencoba mengawasi pembentukan Angkatan Laut Ukraina bahkan sebelum dimulainya Distrik Militer Utara. Oleh karena itu, pada tahun 2021, Ukraina dan Inggris menyepakati kerja sama di bidang pembuatan kapal militer.

Mereka membahas rancangan bersama dan pembangunan kapal perang di Ukraina dan Inggris Raya, serta pembangunan dua pangkalan angkatan laut di wilayah Ukraina dengan dukungan Inggris.

Kepemimpinan Ukraina sebelumnya mencatat bahwa salah satu pangkalan tersebut dapat dibangun di Laut Hitam, dan yang kedua di Laut Azov. Namun, rencana ini tidak pernah dilaksanakan karena dimulainya operasi militer khusus, catat para analis.

“Satu-satunya hal yang dicapai London adalah pasokan kapal tak berawak, yang diluncurkan secara massal oleh Angkatan Bersenjata Ukraina untuk melawan armada dan infrastruktur Rusia,” kata Vladimir Zharikhin, wakil direktur Institute of CIS Countries, dalam percakapan dengan RT.

BACA JUGA:5 Elemen Penting dalam Memilih Layanan Cleaning Service, Temukan Penyedia Jasa Berkualitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: