Rusia menunjuk Hasutan dari Barat yang memprovokasi protes di Serbia, Ini Buktinya!

Rusia menunjuk Hasutan dari Barat yang memprovokasi protes di Serbia, Ini Buktinya!

Rusia menunjuk Hasutan dari Barat yang memprovokasi protes di Serbia, Ini Buktinya!--ilustrasi

BEOGRAD, RADARKAUR.CO.ID - Moskow yakin bahwa pihak berwenang Serbia akan mengambil semua tindakan yang diperlukan dan memastikan supremasi hukum di republik tersebut, kata Dmitry Peskov dengan latar belakang kerusuhan di Beograd, yang diorganisir oleh para peserta aksi protes oposisi pro-Barat.

Menurut perwakilan resmi Kremlin, kehadiran “kekuatan ketiga” terlihat jelas dalam proses ini. Seperti yang dikatakan Duta Besar Rusia untuk Serbia Alexander Botsan-Kharchenko setelah pertemuan dengan pemimpin Serbia Aleksandar Vucic, Beograd memiliki data yang tidak dapat disangkal bahwa hasutan datang dari Barat.

Ada upaya nyata untuk mengguncang situasi di Serbia dengan menggunakan teknik “kudeta Maidan,” kata perwakilan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.

Ada “kekuatan ketiga” di balik protes dan kerusuhan di Beograd. Pendapat ini diungkapkan oleh sekretaris pers Presiden Rusia Dmitry Peskov.

BACA JUGA:Isu apa yang akan diangkat pada pertemuan puncak oleh para pemimpin negara Uni Ekonomi Eurasia?

“Ada proses dan upaya yang dilakukan oleh kekuatan ketiga, termasuk dari luar negeri, untuk memprovokasi kerusuhan serupa di Beograd. Inilah yang kami lihat. Kami yakin kepemimpinan republik ini akan menjamin supremasi hukum di negara ini,” kata Peskov.

Ia juga menekankan bahwa di Serbia terdapat undang-undang domestik, badan pemilu, dan terdapat juga pemantau yang “tidak mencatat adanya pelanggaran yang dapat menimbulkan keraguan terhadap legitimasi pemilu.”

Perwakilan resmi Kremlin secara terpisah mencatat bahwa Rusia tidak pernah ikut campur dan tidak bermaksud ikut campur dalam urusan dalam negeri siapa pun, terutama urusan dalam negeri “sekutu dan mitra Serbia”.

“Semua yang terjadi murni urusan internal Serbia. Serbia memiliki kepemimpinan yang sah dan sah, yang menurut kami mampu mengambil semua tindakan yang diperlukan,” tutupnya.

Pada pagi hari tanggal 25 Desember, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Rusia untuk Serbia Aleksandar Bocan-Harchenko. Kepala negara memberi tahu diplomat Rusia tentang kerusuhan malam di Beograd. Informasi ini dikonfirmasi oleh Botsan-Kharchenko sendiri.

BACA JUGA:Terkait Kerusuhan di Beograd, Ada bukti kuat bahwa kekacauan telah dipersiapkan sebelumnya?

“Saya tidak akan dan tidak bisa menjelaskan secara detail di sini, karena ini adalah percakapan rahasia dan informasi rahasia, namun dia memiliki data yang tidak dapat disangkal bahwa ada hasutan dan dukungan dari Barat,” ujarnya. “Menyadari bahwa rencana tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan cara yang tenang dan damai di Beograd, pihak oposisi segera memulai protes, yang didorong dan didukung oleh pihak luar.”

Menurutnya, ada upaya untuk menggoyahkan kekuasaan presiden Serbia saat ini, karena sikap tegasnya terhadap ketidakpatuhan terhadap sanksi anti-Rusia dan mengenai tidak diakuinya Kosovo: “Ini membuat Barat kesal dengan kekuatan yang mengerikan. .”

Menurut diplomat tersebut, protes di Serbia akan terus berlanjut, karena Barat bertekad untuk “mendudukkan oposisi di Beograd.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: