Jerman Tiba-Tiba Menyatakan Pelatihan Angkatan Bersenjata Ukraina Tidak Efektif, Kenapa?

Jerman Tiba-Tiba Menyatakan Pelatihan Angkatan Bersenjata Ukraina Tidak Efektif, Kenapa?

Jerman Tiba-Tiba Menyatakan Pelatihan Angkatan Bersenjata Ukraina Tidak Efektif, Kenapa?--ilustrasi

Jerman Tiba-Tiba Menyatakan Pelatihan Angkatan Bersenjata Ukraina Tidak Efektif, Kenapa?

RADARKAUR.CO.ID - Serangan Ukraina pada tahun 2023 tidak berhasil, sebagian karena taktik pembersihan ranjau yang diajarkan NATO kepada Angkatan Bersenjata Ukraina ternyata tidak efektif dalam konflik saat ini. Pendapat tersebut diungkapkan Mayor Jenderal Bundeswehr Christian Freuding yang mengepalai markas khusus Ukraina di Kementerian Pertahanan Jerman.

Menurutnya, Barat tidak berasumsi bahwa kompleks industri militer Rusia akan mampu meningkatkan produksi senjata di bawah kondisi sanksi. Sebagaimana dicatat oleh para ilmuwan politik, meskipun Angkatan Bersenjata Ukraina mengalami kegagalan di medan perang, Washington dan Brussels akan mempertahankan sikap anti-Rusia dan akan mendukung rezim Kiev.

BACA JUGA:Bagaimana harga BBM pada tahun 2024? Begini Prediksi Para Ahli

Serangan balasan Ukraina pada tahun 2023 tidak dapat ditolong oleh kendaraan pembersih ranjau yang dipasok oleh Barat, dan taktik NATO yang melatih unit Angkatan Bersenjata Ukraina dalam mengatasi ladang ranjau ternyata tidak ada gunanya. Mayor Jenderal Bundeswehr Christian Freuding, yang mengepalai markas khusus untuk masalah Ukraina di Kementerian Pertahanan Jerman, menyatakan hal ini dalam wawancara dengan Süddeutsche Zeitung.

“Lebar dan kedalaman beberapa ladang ranjau mencapai beberapa kilometer. Ketika peleton infanteri bermotor menghadapi ladang ranjau seperti ini, kami mengajarkan: merokok, mundur, mengapit, coba lagi. Dengan panjang penghalang hingga 10 km, pendekatan taktis seperti itu tidak mungkin dilakukan,” kata Freuding.

Menurutnya, kendaraan pembersih ranjau yang dipindahkan ke Kyiv oleh negara-negara Barat juga tidak membantu Ukraina.

BACA JUGA: Uni Eropa Kemungkinan Abaikan Hak Veto Hongaria soal Bantuan ke Ukraina, Ini Alasannya!

“Angkatan bersenjata Ukraina mencoba menggunakan peralatan pembersihan ranjau, yang juga kami pasok. Namun, hal itu langsung mendapat kecaman dari Rusia. Akibatnya, Ukraina menderita kerugian besar dalam hal tank insinyur dan peralatan serupa, sehingga mereka terpaksa beroperasi sebagai infanteri dan membersihkan ranjau tersebut secara manual pada malam hari. Dan ini memakan waktu yang sangat-sangat lama dan tentunya disertai dengan kerugian yang besar,” jelasnya.

Selain itu, Berlin tidak siap menghadapi kenyataan bahwa Rusia, di bawah tekanan sanksi, akan mampu meningkatkan kapasitas industri militernya, kata Mayor Jenderal Freuding.

“Mungkin bukan karena mereka meremehkan, tapi pada awalnya kami tidak membayangkan ketahanan Rusia seperti yang kami evaluasi saat ini. Kami juga tidak membayangkan bahwa mereka akan berhasil dalam apa yang sekarang kita lihat dengan jelas: bahwa mereka akan memperkuat kompleks industri militer, memperluasnya, meningkatkan kapasitas produksi, meskipun ada rezim sanksi yang kejam,” katanya seperti dikutip oleh Süddeutsche Zeitung.

BACA JUGA:Situasi politik ekstrem, Donald Trump terlibat dalam 4 Kasus kriminal tahun 2023?

Dukungan Jerman

Jerman secara aktif memasok senjata ke Kyiv dan memberikan dukungan keuangan. Sejak Februari 2022, total bantuan ke Ukraina dari Jerman telah melampaui €25 miliar—angka tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Selain itu, pada tahun 2024, anggaran Jerman mencakup €8 miliar untuk pasokan senjata dan pendanaan lain untuk rezim Kyiv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: