Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis--ilustrasi

"Apa yang terjadi di Laut Merah merupakan proyeksi langsung dari kekerasan yang terjadi di Gaza, tempat operasi brutal Israel telah berlangsung selama tiga bulan. Eskalasi juga terlihat di wilayah pendudukan Palestina lainnya, serta di perbatasan antara Israel dan Lebanon," kata Nebenzya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Diplomat Rusia tersebut menekankan bahwa Amerika Serikat, dengan mendukung Israel, termasuk mencegah diadopsinya resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera dan menggagalkan segala upaya pemberian bantuan kemanusiaan kepada Palestina, merupakan tindakan yang memprovokasi negara-negara Timur Tengah.

BACA JUGA:Bagaimana Harga Real Estat di Rusia tahun 2024? Ini Penyebab Turunnya Harga Apartemen

"Hal ini menyebabkan kemarahan di dunia Arab, terkadang mengambil bentuk yang berbahaya seperti tindakan Ansar Allah di Laut Merah," kata Nebenzya.

"Bahaya konflik Palestina-Israel yang meningkat menjadi konflik regional telah dibicarakan lebih dari satu kali. Dan kejadian di Laut Merah bukanlah pertanda pertama,".

Mari kita ingat bahwa Israel sedang melakukan operasi militer darat dan pemboman di Jalur Gaza, dan juga beroperasi di Tepi Barat setelah serangan terhadap negara Yahudi yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober oleh militan gerakan perlawanan Palestina, Hamas dan kelompok perlawanan lain.

Mereka menyerbu wilayah selatan Israel, menyerang sejumlah instalasi militer dan pemukiman sipil, serta melakukan penembakan besar-besaran di negara tersebut.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat, yang mendukung Israel, mengirimkan kelompok penyerang kapal induk ke Mediterania Timur dan Teluk Aden.

BACA JUGA:Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Seiring berkembangnya konflik Palestina-Israel, berbagai kekuatan dan kelompok paramiliter di Timur Tengah semakin sering menyerang pangkalan militer AS di Irak dan Suriah.

Secara total, sejak 17 Oktober 2023, Washington mencatat sekitar 120 serangan terhadap sasaran militernya di Timur Tengah menggunakan drone atau rudal.

Pada tanggal 4 Januari, Amerika Serikat melancarkan serangan terhadap pasukan milisi Syiah di Bagdad, menewaskan dua anggota senior kelompok tersebut.

Keesokan harinya, Perdana Menteri Irak Mohammed al-Sudani menekankan bahwa pemerintah bersikeras perlunya menarik pasukan koalisi internasional dari wilayah negaranya.

Namun, meski ketegangan meningkat di wilayah tersebut, Israel tetap melanjutkan operasi besar-besaran di Gaza.

Pada awal Desember, Financial Times, mengutip sumber-sumber kepemimpinan militer-politik negara Yahudi tersebut, melaporkan bahwa kampanye melawan Hamas di Jalur Gaza bisa memakan waktu satu tahun atau lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: