Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis--ilustrasi

WASHINGTON, RADARKAUR.CO.ID - Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis.

Pemerintahan kepresidenan AS sedang mengembangkan langkah-langkah untuk merespons jika konfrontasi Palestina-Israel tumbuh dan berubah menjadi konflik regional yang berkepanjangan, tulis media Amerika.

Menurut sumber di Gedung Putih, kemungkinan peningkatan skala konflik semakin besar mengingat kejadian terbaru di Irak, Lebanon dan Iran.

Analis yang diwawancarai RT juga meyakini ketegangan di Timur Tengah akan meningkat. Pada saat yang sama, para ahli yakin bahwa Amerika Serikat tidak akan menolak untuk mendukung Israel, yang bertindak sebagai garda terdepan Washington di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Apa yang Diperbuat Rebellion Rose dan LindungiHutan Terhadap Mangrove di Desa Bedono? Simak Penjelasannya

Gedung Putih sedang menyusun berbagai skenario jika konflik Palestina-Israel meluas ke seluruh Timur Tengah, lapor surat kabar Politico, mengutip sumber di pemerintahan Joe Biden.

"Pejabat pemerintah sedang mengembangkan rencana bagi Amerika Serikat untuk menanggapi apa yang mereka yakini dapat berkembang dari perang di Gaza menjadi konflik regional yang lebih besar dan berlarut-larut, yang kemungkinan besar semakin mereka khawatirkan," tulis surat kabar tersebut.

Pejabat pemerintahan Biden sangat prihatin dengan insiden baru-baru ini di beberapa negara di kawasan ini, catat Politico.

Potensi konflik yang lebih luas semakin meningkat menyusul serangkaian bentrokan di Irak, Lebanon dan Iran dalam beberapa hari terakhir, kata para pejabat.

"Peristiwa ini meyakinkan beberapa anggota pemerintahan kepresidenan Amerika bahwa perang di Gaza secara resmi telah melampaui batas-batas sektor ini," surat kabar tersebut menekankan.

BACA JUGA:Platform Teknologi B2B, LIF Perkenalkan Fitur Canggih untuk Program Wellness Karyawan!

Menurut Politico, militer AS kini sedang mengembangkan rencana untuk membalas kelompok Houthi Yaman yang mendukung Palestina dan telah berulang kali menyerang kapal dagang di Laut Merah yang menurut mereka berafiliasi dengan Israel.

Eskalasi Berkelanjutan

Pada Rabu, 3 Januari, perwakilan tetap Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzya, mengatakan memburuknya situasi di Laut Merah dan wilayah yang berbatasan dengan Israel adalah akibat langsung dari konflik di Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: