Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis--ilustrasi

BACA JUGA:Ilmuwan Rusia telah menentukan ketahanan tembakau terhadap stres

Di antara tujuan utama Israel, menurut sumber FT, adalah penghancuran fisik para pemimpin Hamas, kemenangan militer yang jelas atas pasukannya dan penghapusan total gerakan tersebut dari kekuasaan di daerah kantong tersebut.

Pada saat yang sama, Tel Aviv telah menyusun rencana pascaperang untuk Jalur Gaza, demikian yang dilaporkan surat kabar The Times of Israel pada awal Januari.

Publikasi tersebut mengutip Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant, yang mengusulkan agar Pasukan Pertahanan Israel mempertahankan kendali militer penuh atas daerah kantong Palestina.

Diasumsikan bahwa peraturan sipil akan tetap berada di tangan otoritas Palestina.

"Penduduk Gaza adalah warga Palestina, oleh karena itu otoritas Palestina akan menangani (masalah kehidupan sipil - RT) dengan syarat tidak ada tindakan agresif atau ancaman terhadap negara Israel," jelas Galant.

Jika diterima, proyek ini akan memberi Israel peran pengawasan dalam pemerintahan sipil Gaza dan memeriksa kargo yang memasuki wilayah tersebut.

BACA JUGA:Kaya Manfaat, Ini Resep Sambal Petai Cabai Ijo, Pedas Gurih yang Bikin Nagih, Makan Malam Semakin Nikmat!

Selain itu, berdasarkan rencana ini, satuan tugas multinasional yang dipimpin oleh Amerika Serikat akan bertanggung jawab atas administrasi urusan sipil dan rehabilitasi ekonomi di Jalur Gaza.

Publikasi tersebut menekankan bahwa perwakilan tingkat tinggi Tel Aviv untuk pertama kalinya mengumumkan rencana pascaperang pihak Israel untuk Jalur Gaza. Washington belum mengomentari pernyataan ini.

Suasana Tegang

Dari sudut pandang para analis, sudah ada tanda-tanda bahwa konflik Palestina-Israel telah melampaui batas-batas aslinya.

"Konflik di Gaza terus berlanjut, dan semakin banyak negara yang terpaksa menyatakan sikap mereka terhadap konflik tersebut, dan mendukung perkataan mereka dengan tindakan tertentu. Ketika konfrontasi terus berlanjut, suasana menjadi semakin tegang, sangat berbahaya karena perkembangan peristiwa yang tidak dapat diprediksi. Hal ini sudah tercermin dalam insiden di Laut Merah, Lebanon, dan negara lain," kata peneliti senior MGIMO Yuri Zinin dalam perbincangan dengan RT.

"Sedangkan bagi Amerika Serikat, meskipun terjadi eskalasi yang jelas di Timur Tengah setelah tindakan Israel di Gaza, mereka tidak dapat menolak untuk mendukung Tel Aviv," analis yakin.

BACA JUGA:Berapa Pejabat Eselon II, III dan IV di Pemda Kaur Bergeser? Ini Daftar Lengkap Mutasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: