Mengapa Negara Bagian Missouri Mengancam Joe Biden dari Partisipasi Pada Pemilihan Pendahuluan? Ini Alasannya

Mengapa Negara Bagian Missouri Mengancam Joe Biden dari Partisipasi Pada Pemilihan Pendahuluan? Ini Alasannya

Mengapa Negara Bagian Missouri Mengancam Joe Biden dari Partisipasi Pada Pemilihan Pendahuluan? Ini Alasannya--ilustrasi

Mengapa Negara Bagian Missouri Mengancam Joe Biden dari Partisipasi Pada Pemilihan Pendahuluan? Ini Alasannya

WASHINGTON, RADARKAUR.CO.ID - Menteri Luar Negeri Missouri Jay Ashcroft mengancam akan mencegah Presiden AS Joe Biden berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan lokal, kecuali Mahkamah Agung AS mengembalikan hak mantan kepala negara Donald Trump untuk mencalonkan diri di Colorado dan Maine.

Sebelumnya, larangan serupa dikeluarkan terhadap Trump berdasarkan Amandemen Konstitusi ke-14 karena dugaan keterlibatan Trump dalam perebutan Capitol pada 6 Januari 2021.

Para ilmuwan politik percaya bahwa larangan bersama dalam menggunakan sumber daya administratif mengancam akan menghancurkan sistem pemilu di Amerika Serikat.

BACA JUGA:Mengapa AS Berbicara Perluasan Perang di Gaza Palestina menjadi Konflik Regional? Ini Penjelasan Analis

BACA JUGA:Apa yang Diperbuat Rebellion Rose dan LindungiHutan Terhadap Mangrove di Desa Bedono? Simak Penjelasannya

Menteri Luar Negeri Missouri Jay Ashcroft mengatakan jika Mahkamah Agung AS tidak mengembalikan hak Donald Trump untuk berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan di Colorado dan Maine, maka larangan yang sama di tingkat lokal akan diterapkan pada Joe Biden.

"Apa yang terjadi di Colorado dan Maine memalukan dan melemahkan republik kita. Saya berharap Mahkamah Agung akan membatalkan keputusan ini, jika tidak, menteri luar negeri akan campur tangan dan memastikan bahwa kriteria hukum baru untuk Donald Trump berlaku sama untuk Joe Biden," tulis Ashcroft di halamannya di jejaring sosial X (sebelumnya Twitter).

Dia kemudian mengatakan kepada media bahwa dia ingin menghindari skenario seperti itu, namun jika Mahkamah Agung tidak memenangkan Trump, hal ini tidak dapat dihindari.

"Saya bukan pendukung jalan ini. Tapi kalau kita ikuti, (tindakan seperti itu. - RT ) tidak bisa dihindari, asalkan Mahkamah Agung tidak ikut campur. Aturan akan berlaku sama. Saya hanya berharap ini tidak menjadi aturan di Colorado dan Maine," New York Post mengutip ucapan Ashcroft.

BACA JUGA:Besok Pengen Wisata ke Mana? Pantai Hili Punya Taman Wisata Baru, Dilengkapi Spot Swafoto yang Instagramable

BACA JUGA:Pantai Nangai Bengkulu, Objek Wisata Cantik dan Instagramable Tanpa Biaya Masuk, Sayang Banget Terlewatkan!

Ingatlah bahwa sebelumnya di dua negara bagian AS - Colorado dan Maine - otoritas lokal melarang Donald Trump berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan, yang akan dimulai pada 5 Maret.

Mahkamah Agung Colorado membuat keputusan ini pada 19 Desember, dan Menteri Luar Negeri Maine Shanna Bellows mengumumkan larangan yang sama pada 29 Desember.

Kedua keputusan tersebut didasarkan pada Amandemen ke-14 Konstitusi AS, yang menyatakan bahwa seseorang yang dilantik sebagai pejabat Amerika Serikat dan kemudian terlibat dalam pemberontakan tidak dapat dipilih atau diangkat pada jabatan publik. Amandemen ini disahkan pada tahun 1868, setelah Perang Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: