Bagaimana seorang pembunuh berantai berjuluk Mosgaz ditangkap di Uni Soviet 60 tahun lalu?

Bagaimana seorang pembunuh berantai berjuluk Mosgaz ditangkap di Uni Soviet 60 tahun lalu?

Bagaimana seorang pembunuh berantai berjuluk Mosgaz ditangkap di Uni Soviet 60 tahun lalu?--ilustrasi

Siswi itu dengan tenang membukakan pintu untuknya. Dia kemudian bisa memberikan gambaran rinci tentang penyerangnya.

Saksi yang jeli

Segera, penyelidik Yartsev mengetahui dari rekan-rekannya di ibu kota bahwa  pekerja gas  kriminal datang ke Ivanovo dari Moskow, di mana dia juga melakukan pembunuhan.

Pada tanggal 20 Desember, di sebuah gedung apartemen di Jalan Baltiyskaya di barat laut ibu kota, seseorang yang tidak dikenal membacok hingga tewas Kostya Sobolev yang berusia 12 tahun dengan kapak.

Pada saat pembunuhan terjadi, anak laki-laki itu sedang berada di rumah sendirian. Para ahli tidak menemukan tanda-tanda pembobolan, tetapi 60 rubel di dompet, sweter, dan celana satin hilang dari apartemen.

Sebuah saksi penting ditemukan: siswa kelas empat Volodya Teplov melihat bagaimana pada hari pembunuhan, seorang pria menelepon apartemen Kostya, memperkenalkan dirinya sebagai pekerja gas.

Menurut Volodya, sebelumnya orang asing itu mengetuk apartemen mereka, namun setelah mengetahui bahwa bocah itu tidak sendirian di rumah, melainkan bersama neneknya, ia langsung pergi.

BACA JUGA:Jalan-Jalan dan Nikmati Kelezatan Es Pisang Ijo Mumtaza di Berendo Kota Bengkulu, Temukan di Jam Segini!

Anak sekolah tersebut mengatakan kepada penyelidik bahwa orang asing itu mengenakan penutup telinga dengan cara yang aneh: dia mengikat telinganya di belakang kepalanya, meskipun semua orang Moskow pada saat itu mengikatnya di atas atau di bawah dagu. Volodya juga ingat pria itu berbicara dengan suara teredam.

Sofya Fainstein, ahli forensik berusia 39 tahun dari Departemen Investigasi Kriminal Moskow, meminta seorang saksi muda untuk membantunya membuat potret tersangka pembunuh. Dia memotong 400 foto dengan wajah laki-laki menjadi beberapa bagian dan mengundang Volodya untuk mengumpulkan identitas  pekerja gas  dari foto tersebut.

Setelah beberapa kali mencoba, bocah lelaki dan kriminolog itu berhasil mengumpulkan potret orang asing itu. Identikit ini sangat akurat sehingga ketika ditunjukkan kepada seorang siswi berusia 15 tahun yang masih hidup dari Ivanovo, dia pingsan ketika mengenali penyerangnya.

Identikit Mosgaz adalah salah satu yang pertama dalam kriminologi Rusia. Sofia Fainstein-lah yang menjadi pendiri metode ini, yang mengikuti teladannya, mulai digunakan oleh para ahli lainnya.

Pembunuh dengan tangan ramping

Pasca pembunuhan di Ivanovo, kasus pembunuh dengan kapak menjadi prioritas penegakan hukum. Investigasi ini berada di bawah kendali pribadi Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPSU Nikita Khrushchev, yang menuntut agar hasilnya dilaporkan secara teratur kepadanya dan  dalam waktu dua minggu, temukan, tangkap dan hukum pembunuh anak-anak.

Anda secara pribadi bertanggung jawab atas hasil pekerjaan Anda di hadapan partai dan di hadapan seluruh rakyat Soviet,  tulis Khrushchev kepada Menteri Ketertiban Umum RSFSR Vadim Tikunov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: