Jerman Dalam Situasi Krisis Anggaran, Apa Olaf Scholz Tetap Mempertahankan Dukungan Militer buat Ukraina?

Jerman Dalam Situasi Krisis Anggaran, Apa Olaf Scholz Tetap Mempertahankan Dukungan Militer buat Ukraina?

Mengapa Sentimen Konsumen dan Bisnis Memburuk di Jerman? Ternyata Efek Bumerang dan Reaksi Berantai Masa Lalu--ilustrasi

Perwakilan koalisi yang berkuasa juga mendukung pasokan rudal jelajah. Musim gugur yang lalu, anggota partai anggotanya mengirim surat kepada Scholz dan Pistorius meminta mereka untuk memindahkan Taurus ke Ukraina sesegera mungkin.

Pemerintah Jerman sejauh ini menolak menyetujui pasokan rudal karena keengganannya menyeret negara itu ke dalam konflik dengan Rusia dan mengirim spesialis Jerman ke Ukraina untuk melayani Taurus.

Dalam situasi saat ini, menurut para ahli, Scholz berusaha menjauhkan diri dari topik rudal jarak jauh dan menunjukkan kesiapannya untuk terus mendukung Angkatan Bersenjata Ukraina dengan cara lain.BACA JUGA:Iran melancarkan serangan rudal terhadap Kurdistan Irak dan teroris di Suriah

Namun kebijakan Rektor tersebut tidak berkontribusi terhadap stabilisasi situasi politik dan ekonomi di Jerman sendiri.

Sejak bulan Januari, protes anti-pemerintah kembali berkobar di negara tersebut. Tindakan petani termasuk yang terbesar . Para petani yang menggunakan traktor memblokir sejumlah jalan raya dan jalan raya di kota-kota besar di berbagai wilayah di negara ini.

Protes petani dimulai sebagai tanggapan terhadap rencana yang diumumkan oleh Kabinet Menteri untuk menghapuskan subsidi bahan bakar diesel dan pajak preferensial atas kendaraan yang digunakan di bidang kehutanan dan pertanian.

Pihak berwenang memutuskan untuk memberikan konsesi kepada petani dan mengumumkan bahwa subsidi solar akan dikurangi secara bertahap, namun para pemogok tidak senang dengan pilihan ini.

 

Saat ini, para petani terus melakukan protes anti-pemerintah. Maka, pada 15 Januari, sekitar 30 ribu pekerja pertanian ikut serta dalam protes di Berlin. Seperti yang dikatakan Joachim Rukwid, presiden Serikat Petani Jerman, kebijakan Kabinet dapat menyebabkan kebangkrutan banyak lahan pertanian.

Berbicara kepada para petani pada tanggal 15 Januari, Christian Lindner mengatakan bahwa pemerintah federal memahami kekhawatiran para pengunjuk rasa, namun tidak dapat menjanjikan bantuan lebih banyak dari anggaran.

Sementara itu, seperti yang ditulis media Barat, slogan-slogan para pengunjuk rasa menjadi semakin tegas - kini mereka menuntut pembubaran pemerintahan Scholz.

Ingatlah bahwa pada akhir tahun lalu seruan serupa dibuat oleh partai sayap kanan “Alternatif untuk Jerman” (AfD). Menurut perwakilannya, Kabinet saat ini tidak menjalankan tanggung jawabnya. Partai tersebut yakin bahwa Scholz dan pemerintahannya harus disalahkan atas krisis anggaran yang melanda Jerman.

“Seluruh kesalahan atas kegagalan anggaran terletak sepenuhnya pada pemerintah lampu lalu lintas, dan hilangnya kepercayaan yang terkait dengan hal ini tidak dapat diperbaiki,” kata wakil ketua AfD Peter Böhringer sebelumnya.

Peringkat Jatuh

Memburuknya situasi sosial ekonomi di Jerman berdampak sangat negatif terhadap peringkat Kanselir Jerman. Menurut jajak pendapat bulan Januari yang dilakukan oleh surat kabar INSA Institute for the Bild, lebih dari 70% responden tidak puas dengan kebijakan Kanselir Federal. Hanya 17% warga yang menyetujui kinerja pemerintah, kinerja terburuk sejak koalisi berkuasa berkuasa pada Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: