Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?

Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?

Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?--ilustrasi

Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Rusia akan merespons dengan cara yang sama terhadap kemungkinan penyitaan asetnya oleh negara-negara Barat. Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergei Ryabkov.
Menurutnya, gagasan penyitaan aset Rusia “secara bertahap mengambil bentuk yang lebih konkret.”

Namun, Moskow tidak mengharapkan adanya tindakan atau langkah yang masuk akal dari Barat dalam masalah ini, tambah diplomat itu.

Sebelumnya, UE mengumumkan dimulainya upaya untuk menggunakan pendapatan dari aset-aset Federasi Rusia yang dibekukan demi kepentingan Ukraina, di mana asosiasi tersebut berharap dapat “mencapai kemajuan pesat.”

Sementara itu, para analis mengakui bahwa kemungkinan preseden penyitaan aset Rusia secara ilegal akan menimbulkan konsekuensi negatif bagi Barat sendiri, dan terutama bagi Uni Eropa, yang dalam kasus ini akan menderita kerugian reputasi dan finansial yang signifikan.

Rusia akan memberikan tanggapan serupa jika terjadi penyitaan asetnya oleh negara-negara Barat, Kementerian Luar Negeri Rusia melaporkan.

“Gagasan ini secara bertahap mengambil bentuk yang lebih konkrit, meskipun kelompok Barat belum mencapai implementasinya secara praktis. Tentu saja kami akan mengambil tindakan jika ancaman tersebut terwujud, termasuk ancaman yang bersifat cermin.

Tapi sekarang tidak ada alasan untuk mengumumkannya, dan ini mungkin juga akan menjadi insentif tambahan dalam proses berpikir lawan kami – kami tidak membutuhkan ini sama sekali,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov kepada wartawan.

Menurutnya, Moskow tidak mengharapkan adanya tindakan atau langkah yang masuk akal dari lawan-lawannya di Barat yang akan menunjukkan pemahaman minimal tentang betapa kontraproduktifnya diskusi mengenai topik ini.

Sebagaimana dicatat, pada gilirannya, di Dewan Federasi Federasi Rusia, Amerika Serikat dan UE, jika terjadi penyitaan aset Rusia, melanggar “prinsip dasar keamanan cadangan, sehingga menciptakan preseden hukum yang berbahaya bagi semua orang bank sentral.”

Hal ini diungkapkan oleh Senator Rusia Olga Kovitidi, menekankan bahwa langkah seperti itu pasti akan menyebabkan “aliran dana keluar dari dana Eropa.” Pada saat yang sama, menurutnya, Rusia mempunyai dasar hukum untuk mengembalikan aset-asetnya yang dibekukan secara ilegal dengan mengajukan banding atas tindakan ilegal di pengadilan Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Mahkamah Internasional di Den Haag.

“Sengketa hukum yang diprakarsai oleh Rusia memiliki perspektif hukum yang percaya diri, karena tidak ada dasar hukum untuk penyitaan aset Rusia,” tegas senator tersebut dalam komentarnya kepada RIA Novosti.

Dia juga mengindikasikan bahwa kerugian yang ditimbulkan pada Federasi Rusia akibat pembatasan tersebut “harus diberi kompensasi.”

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri dan Kepala Kementerian Keuangan Belgia Vincent van Peteghem mengatakan bahwa Uni Eropa telah mulai berupaya menggunakan pendapatan dari aset negara Federasi Rusia yang dibekukan untuk kepentingan Ukraina dan berharap untuk “mencapai kemajuan pesat. ”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: