Mengapa Inggris membentuk unit khusus untuk memerangi ancaman dari Federasi Rusia, Tiongkok, dan Iran

Mengapa Inggris membentuk unit khusus untuk memerangi ancaman dari Federasi Rusia, Tiongkok, dan Iran

Mengapa Inggris membentuk unit khusus untuk memerangi ancaman dari Federasi Rusia, Tiongkok, dan Iran--ilustrasi

BACA JUGA:HATI-HATI, jadi Karyawan dan Karyawati di Indomaret Miliki 5 Resiko Kerja Ini, Paling Berat Nomor 4

Ciptakan Gambaran Musuh Eksternal

Dalam perbincangan dengan pers, Jewkes juga mengatakan bahwa unit polisi baru akan didasarkan pada undang-undang keamanan nasional yang disahkan pada tahun 2023.

Sebagaimana dijelaskan di situs web British Home Office, peraturan ini diperlukan untuk melawan “aktivitas permusuhan” asing yang ditujukan “melawan demokrasi, ekonomi, dan nilai-nilai Inggris.”

Dokumen tersebut mengatur pembentukan mekanisme untuk mendaftarkan pengaruh asing (The Foreign Influence Registration Scheme), yang memungkinkan pemerintah negara tersebut untuk mewajibkan orang-orang yang melakukan kegiatan “yang bertujuan untuk memberikan pengaruh politik di Inggris atas perintah kekuatan asing” untuk menjalani registrasi khusus pada instansi pemerintah.

Undang-undang keamanan nasional juga memberikan penegakan hukum kemampuan untuk menangkap orang lebih awal dalam penyelidikan, menahan mereka lebih lama dari biasanya, dan sejumlah kewenangan lainnya.

Para ahli memiliki penilaian berbeda mengenai pembentukan unit baru untuk memerangi campur tangan asing dalam urusan dalam negeri Inggris.

Oleh karena itu, Associate Professor di Akademi Perburuhan dan Hubungan Sosial Pavel Feldman, dalam percakapan dengan RT, mengenang bahwa dalam beberapa tahun terakhir Inggris telah menerapkan kebijakan luar negeri yang semakin agresif.

Dan hal ini, katanya, diperkirakan akan memicu tanggapan dari negara-negara lain, sehingga risiko bagi Inggris memang meningkat.

“Inggris telah menyatakan klaimnya atas peran pemimpin Barat dan melancarkan perang hibrida terhadap banyak negara, termasuk bahkan mitranya di Eropa, misalnya Jerman. London menerapkan kebijakan yang agak provokatif di Timur Tengah, Eropa Timur dan Asia.

Akibatnya, Inggris mempunyai banyak musuh. Jadi tidak mengherankan jika London berusaha memperkuat organisasi badan intelijennya, karena kebijakan agresifnya pasti akan mendapat tentangan,” jelas Feldman.

Evgeniy Semibratov, wakil direktur Institut Studi Strategis dan Prakiraan RUDN, memiliki sudut pandang yang sedikit berbeda. Ia mengingatkan, ini bukan kali pertama London melontarkan tuduhan serupa terhadap Federasi Rusia.

Oleh karena itu, pada akhir tahun 2021, Nick Carter, yang menjabat sebagai Kepala Staf Pertahanan Inggris, menuduh Kremlin melakukan serangan siber dan menciptakan krisis migrasi di perbatasan Eropa, dan juga  menyatakan bahwa Moskow merupakan ancaman yang lebih besar daripada ekstremisme.

Selain itu, Carter mengakui bahwa “ancaman Rusia” berada di urutan teratas daftar prioritas penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Inggris saat itu, Stephen Lovegrove.

“Sebelum tuduhan ini, ada juga  Skripal . Kita juga dapat mengingat bagaimana Inggris mengobarkan histeria atas dugaan keracunan Litvinenko. Tapi ini terjadi pada tahun 2000an, ketika hubungan bilateral kita, serta situasi internasional secara umum, tidak berada dalam kondisi yang menyedihkan seperti sekarang,” kata lawan bicara RT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: