Iklan Banner KPU Provinsi Bengkulu

Universitas BINUS Perkenalkan Nusameta Borobudur Sebagai Destinasi Wisata Digital

Universitas BINUS Perkenalkan Nusameta Borobudur Sebagai Destinasi Wisata Digital

Universitas BINUS Perkenalkan Nusameta Borobudur Sebagai Destinasi Wisata Digital--ilustrasi

Di sisi lain, Prof Meyliana, Guru Besar Sistem Informasi di Universitas BINUS, menambahkan bahwa fluktuasi popularitas metaverse tidak mempengaruhi fungsinya sebagai media pembelajaran karena metode belajar yang imersif dan kaya akan pengalaman akan lebih menarik bagi para pelajar dibandingkan metode tradisional.

Universitas BINUS, melalui Fakultas Sistem Informasi, juga menghadirkan pengalaman unik dalam sektor pendidikan dan pariwisata dengan memperkenalkan teknologi metaverse dalam acara "Nusa Borobudur dalam Uji Coba Awal Aplikasi Nusameta" di acara Tech Day pada 3 April 2024 di Kampus Anggrek, BINUS @Kemanggisan.

BACA JUGA:Tarif Angkutan AKAP dan AKDP Kelas Non Ekonomi pada Angkutan Lebaran 2024 di Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Greenlabs Perkenalkan G-Algae Sebagai Solusi Penangkapan Karbondioksida dan Sumber Biomassa

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan wisatawan dengan menyediakan pengalaman imersif dan meningkatkan pemahaman tentang sejarah serta budaya lokal.

Syaifullah, Direktur Manajemen Industri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berpendapat,  Nusa Borobudur di Nusameta bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan dan menguatkan keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri, memperdalam pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya, dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.

Prof. Meyliana juga menekankan bahwa  Nusa Borobudur adalah contoh nyata dari kontribusi Universitas BINUS sebagai institusi pendidikan pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta, menunjukkan komitmen kami dalam pengembangan metaverse untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Proyek Nusa Borobudur adalah karya dari Ibu Siti Elda Hierera, dosen di Fakultas Sistem Informasi yang sedang menempuh studi S3 di Universitas BINUS.

BACA JUGA:Kelas Ramadan dari Kasir Pintar, Tingkatkan Keterampilan Bisnis UMKM di Ramadan 2024

BACA JUGA:Pricebook Tingkatkan Performa dengan Integrasi AnyManager Video Player dari AnyMind Group

Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa ini menghasilkan inovasi yang memiliki nilai akademis dan dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia.

Nusameta Borobudur diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam dan interaktif bagi mahasiswa, serta meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Melalui ruang virtual di Metaverse, mahasiswa dapat mengalami situasi yang mirip dengan kehidupan nyata, memahami konsep-konsep kompleks, dan mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: