Ponpes Wahyu Sholihah Budidaya Lele

Ponpes Wahyu Sholihah Budidaya Lele

Ketua Yayasan Ponpes Wahyu Sholihah Dasuki, S.Pd.I, M.Si tunjukkan kolam budidaya lele, Minggu (8/1).--

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Pondok Pesantren (Ponpes) Wahyu Sholihah di Cahaya Batin Kecamatan Semidang Gumay akan melaksanakan budidaya lele.

Saat ini Ponpes telah menyiapkan kolam ikan dengan ukuran 5 M x 11 M. Kolam ini dibuat selama santri libur semester ganjil.

Ketua Yayasan Ponpes Wahyu Sholihah Dasuki, S.Pd,I, M.Si mengatakan, bahwa selain sebagai pusat pendidikan keagamaan.

Mereka juga akan berkembang menjadi Ponpes entrepreneur yang menyediakan lingkungan praktik bagi berkembang jiwa entrepreuneur islami santri.

BACA JUGA:MTsN 1 Kaur Open Recruitment PKS

BACA JUGA:SMKN 4 Kaur Rapat Evaluasi Semester Ganjil

Dia juga menambahkan, Ponpes memiliki potensi lahan dan sumber air yang mendukung dalam mengimplementasikan ekonomi pesantren bidang budidaya perikanan.

Ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan gizi santri. Serta mengembangkan jiwa wirausaha santri.

Dengan harapan, setelah lulus dari pondok bisa diimplementasikan sendiri di tempat tinggal masing-masing maupun di masyarakat.

"Saat ini kolam ikan kami sudah jadi, dalam waktu dekat kami akan membeli benih lele. Sehingga para santri mulai melakukan budidaya lele. Ikan itu nanti selain untuk kebutuhan di asrama, kami juga akan mengembangkan jiwa wirausaha setiap santri," ungkapnya.

BACA JUGA:SDN 61 Kaur Manfaatkan Lahan Untuk Tanaman Hortikultura

BACA JUGA:Siswi SMPN 8 Masuk Grand Final LCC Pancasila Nasional

Dia menambahkan, akan menjadikan tempat pelatihan untuk mengasah keterampilan santri dalam keahlian budidaya perikanan sistem bioflok khususnya ikan lele. Sehingga dapat menciptakan jiwa wirausaha untuk santri.

Dia mengakui, pendanaan budidaya lele ini berasal dari dirinya pribadi. Bertujuan untuk membantu ketahanan pangan santri di asrama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: