6 Trik Menulis yang Harus Diketahui Setiap Penulis

6 Trik Menulis yang Harus Diketahui Setiap Penulis

6 Trik Menulis yang Harus Diketahui Setiap Penulis--(dokumen/radarkaur.co.id)

"Jangan bersusah payah untuk mendapatkannya dengan sempurna," katanya.

"Itu tidak akan terjadi, terutama jika Anda adalah juri terakhir. Terkadang tindakan sederhana untuk menyelesaikan sesuatu sudah cukup.

BACA JUGA:Butuh Hobi Baru? Mempelajari Bahasa Lain Seperti Latihan Kebugaran untuk Otak Anda

5. Tulis dulu, edit kemudian

Merupakan kesalahan pemula untuk mengedit diri sendiri saat Anda menulis.

Penulis profesional tahu teknik terbaik adalah membiarkannya mengalir di draft pertama, menampilkan ide Anda di layar tanpa mengkhawatirkan kesempurnaan. Nanti, Anda dapat kembali dan mengedit.

Ketika Anda fokus pada menulis tanpa berhenti untuk mengedit, Anda membiarkan sisi kreatif Anda mengambil alih, menghasilkan ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Anda juga menghindari terjebak dalam detail seperti berhenti untuk melakukan pencarian internet "cepat", yang membawa Anda ke lubang kelinci yang tidak produktif selama 2 jam.

6. Tunjukkan jangan beritahu

Satu retasan yang akan membuat tulisan Anda menonjol dari kemasannya adalah memberikan detail sensorik yang bagus yang memungkinkan pembaca untuk mengalami cerita daripada sekadar diberi tahu apa yang terjadi.

Lebih efektif menunjukkan apa yang terjadi dalam sebuah cerita daripada sekadar memberi tahu mereka.

Misalnya, daripada menulis, "kamarnya berantakan", Anda dapat menulis sesuatu yang lebih deskriptif seperti, "Pakaian kotor berserakan di lantai dan kertas serta buku berserakan di atas meja."

Atau seperti yang pernah dikatakan Anton Chekhov, seorang penulis yang jauh lebih baik dari saya: "Jangan bilang bulan sedang bersinar; tunjukkan kilatan cahaya pada pecahan kaca."

***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: