Sidang Isbat Cuma Menghabiskan Anggaran Negara, Eks Ketum Muhammadiyah Din Syamsudin Saran Kemenag Lakukan Ini

Sidang Isbat Cuma Menghabiskan Anggaran Negara, Eks Ketum Muhammadiyah Din Syamsudin Saran Kemenag Lakukan Ini

Sidang Isbat Cuma Menghabiskan Anggaran Negara, Eks Ketum Muhammadiyah Din Syamsudin Saran Kemenag Lakukan Ini--(dokumen/radarkaur.co.id)

RADARKAUR.CO.ID - Sidang Isbat cuma menghabiskan anggaran negara. Hal ini diungkit Eks Ketum Muhammadiyah, Din Syamsudin lewat keterangan tertulisnya, Kamis 20 April 2023.

Din Syamsudin melihat tidak ada efektivitas sidang Isbat sebagai penentuan 1 Syawal 1444 hijriah yang laksanakan pemerintah di kementerian Agama (Kemenag).

Din Syamsudin memandang kegiatan itu hanya menghabiskan anggaran negara.

Menurut Din Syamsudin sudah jelas bahwa posisi bulan pada saat sidang Isbat digelar Kamis 20 April 2023 saat maghrib tidak bisa dilihat (imkan al-ru'yah). Sehingga pemerintah diyakini akan mengumumkan 1 syawal belum masuk pada hari Jumat 21 April 2023.

BACA JUGA:Gerhana Matahari Ini Bukti 1 Syawal Hari Jumat 21 April 2023? Fenomena tanda Bulan Baru, Simak Penjelasa

BACA JUGA:Pinjam KUR BRI 2023 Diatas Rp 50 juta Wajib Miliki Syarat ini Agar di-ACC!

Sehingga pemerintah akan mengumumkan bahwa 1 Syawal sesuai hasil Sidang Isbat akan terjadi pada Hari Sabtu 22 April 2023.

Maka Untuk menghindari penggunaan anggaran negara yang sia-sia, Din Syamsudin menyarankan pemerintah melalui Kemenag RI supaya langsung saja mengumumkan bahwa tahun ini ada 2 perbedaan waktu Idul Fitri.

Serta mengimbau masyarakat agar memilih sesuai keyakinan masing-masing dalam menjalankan ibadah Shalat Ied sebagai tana semangat Ukhuwah Islamiyah.

"Karena posisi bulan pada Jumat 20 April 2023 masih di bawah imkan al-ru'yah, maka tidak perlu diadakan Rapat Isbat yang hanya menghabiskan anggaran negara," ucap Din Syamsuddin dalam keterangan tertulis, Kamis 19 April 2023.

BACA JUGA:Calon Debitur KUR Suka Nanya, Bisa Tidak Pinjam KUR di Kota Lain? Jawabannya Begini

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Tunjangan Sertifikasi Guru 2023 SUDAH CAIR, Di 16 Daerah Ini Sudah Masuk Rekening, Cek Disini!

"Adalah kepemimpinan hikmah berdasarkan Pancasila (kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan) untuk mengumumkan bahwa pada tahun ini ada dua keyakinan tentang Idul Fitri: 21 April 2023, dan 22 April 2023," ujarnya.

"Silakan umat memilihnya sesuai keyakinan dan tetap merayakan ldul Fitri dalam semangat ukhuwah Islamiyah," imbuh Din.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: