Gerhana Matahari Ini Bukti 1 Syawal Hari Jumat 21 April 2023? Fenomena tanda Bulan Baru, Simak Penjelasa

Gerhana Matahari Ini Bukti 1 Syawal Hari Jumat 21 April 2023? Fenomena tanda Bulan Baru, Simak Penjelasa

Gerhana Matahari Bukti Menandai 1 Syawal jatuh Jumat 21 April 2023? Fenomena tanda Bulan Baru--(dokumen/radarkaur.co.id)

RADARKAUR.CO.ID - Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang selalu terjadi setiap tahun. Sama seperti Gerhana matahari yang akan terjadi Kamis ini 20 April 2023.

Namun ada yang istimewa pada gerhana matahari kali ini. Beberapa kalangan menyebutkan bahwa gerhana matahari ini merupakan bukti Konsep Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang selama ini dipakai Muhammadiyah.

Keberadaan Gerhana Matahari sebagai fenomena alam disebut sebagai tanda muncul bulan baru yakni 1 Syawal dan telah berakhirnya bulan Ramadhan.

Sehingga fenomena gerhana matahari ini bukti 1 syawal hari Jumat 21 April 2023.

BACA JUGA:Petir Menyambar di Seginim Bengkulu Selatan, Pondok Sawah Luluh Lantak, 1 Pria Paruhbaya Meninggal Dunia

BACA JUGA:Exploring Indonesia's Cultural Diversity at TMII: An Overview of the Renovations and Upcoming Eid Al-Fitr Even

Najmuddin Saifullah dalam tulisannya yang dikutip dari laman resmi Muhammadiyah Kamis April 2023 menguraikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Ada hubungan antara fenomena gerhana matahari dengan hisab hakiki wujudul hilal yang dipakai Muhammadiyah dalam menentukan awal bulan Syawal.

Sebagaimana diketahui, gerhana matahari terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berada dalam satu garis lurus. Posisi ini terjadi ketika bulan baru, yaitu saat matahari dan bulan mengalami konjungsi (ijtimak).

Sedangkan gerhana bulan terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus, posisi ini terjadi saat bulan purnama.

"Berdasarkan konsep tersebut, maka bisa dipastikan bahwa gerhana matahari terjadi ketika bulan baru," tulis Najmuddin.

"Akan tetapi setiap bulan baru belum tentu terjadi gerhana. Begitu juga dengan gerhana bulan yang pasti terjadi ketika bulan purnama, tetapi setiap bulan purnama belum tentu terjadi gerhana," lanjutnya.

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Sekarang, Plafon Rp 100 juta Bisa Cair Habis Lebaran, Cicilan Bunga Rendah!!

BACA JUGA:Perang Dunia 3 Diramal Pecah 2023, New Nostradamus : Muncul di Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: