Cegah Hoaks Pemilu 2024, KPU-AMSI Kerjasama Jurnalisme Cek Fakta di Pileg, Pilpres dan Pilkada

Cegah Hoaks Pemilu 2024, KPU-AMSI Kerjasama  Jurnalisme Cek Fakta di Pileg, Pilpres dan Pilkada

KPU Sepakat Dengan AMSI untuk Cek Fakta dan menangkal hoaks pemilu 2024.--Dok AMSI Pusat

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut baik ajakan kerjasama yang diajukan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) untuk menyajikan program jurnalisme cek fakta pada pemilu 2024.

Bahkan, dengan serius, anggota KPU August Mellaz menyebut sebagai bagian dari kontribusi kelompok pemangku kepentingan, kerjasama dengan AMSI itu otomatis wajib bagi KPU.

Pada Pemilu 2024, KPU berharap kerja sama cek fakta bahkan harus ada nilai tambah terutama agar bisa mencegah terjadinya hoaks.

“MOU (Memorandum of Understanding-red) itu bagian dari kontribusi AMSI untuk penyelenggaraan Pemilu yang otomatis wajib dikasih KPU,” kata August Mellaz saat menerima audiensi Pengurus Nasional Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.

BACA JUGA:Agar Tidak Ditipu Pinjol Ilegal, Berikut 102 Pinjol Berizin Terdaftar di OJK tahun 2023

BACA JUGA:Waspadai Tipuan Pinjol Ilegal, Berikut Cara Lepas dari Jeratan Pinjaman Online Ilegal

Menurut August, KPU Periode ini merasa “wajib” melanjutkan kerja sama dengan AMSI karena sinergi yang selama ini telah terjalin antara AMSI dengan KPU terdahulu sudah berjalan dengan baik.

Kerja sama yang dimaksud adalah akses narasumber kompeten dari KPU, dan akses peliputan serta penyajian data yang kredibel untuk mendukung program jurnalisme cek fakta yang digagas dan dilaksanakan oleh jaringan media-media anggota AMSI yang saat ini berjumlah 470 media di 27 wilayah di Indonesia.

Selain kerja sama dalam akses informasi, data, dan narasumber cek fakta, KPU juga menyambut baik tawaran AMSI untuk mengikuti program pelatihan periksa fakta khususnya untuk tim teknis di KPUD baik provinsi maupun kabupaten. 

"Untuk kegiatan workshop, nanti minimal di tingkat KPU provinsi ikut gabung untuk mensupervisi pejabat KPU di tingkat kabupaten. Secara kelembagaan kami juga butuh program cek fakta, karena kami tidak punya kualifikasi cek fakta sehingga KPU harus mendengarkan tawaran ini.

BACA JUGA:Anda Berhak Dapat Daging Kurban? Simak Penjelasan Berikut!

BACA JUGA:Pusaka Keris Santan Kerajaan Kaur ini konon Milik si Lidah Pahit dibuat Empu Sugati Zaman Majapahit

Saya sangat salut dengan program ini. Mungkin di Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih) juga bisa dibantu AMSI nantinya. Kita punya bacaan yang sama soal mengatasi misinformasi dan disinformasi,” ujar August

Wakil ketua AMSI, Suwarjono mengatakan, sebagai asosiasi perusahaan media, AMSI memiliki banyak program andalan yang ditujukan untuk mewujudkan dua misi utama, membangun ekosistem untuk media anggotanya agar  sehat bisnisnya dan berkualitas kontennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: