Kenaikan HET Elpiji 3 Kg Persulit Usaha Pedagang Kecil, Ajukan Penambahan Kuota Jelang Aturan Baru

Kenaikan HET Elpiji 3 Kg Persulit Usaha Pedagang Kecil, Ajukan Penambahan Kuota Jelang Aturan Baru

Kenaikan HET Elpiji 3 Kg Persulit Usaha Pedagang Kecil, Ajukan Penambahan Kuota Jelang Aturan Baru--radarkaur.co.id

Untuk itu ia minta Bupati Karawang jangan hanya bisa menaikan HET saja, tapi juga wajib melakukan pengawasan di lapangan.

Sebab akan percuma saja jika HET sudah ditetapkan namun fakta dilapangan harga elpiji 3 kg masih di kisaran harga Rp22.000 hingga Rp25.000.

BACA JUGA:PENTING, Ketahui 9 Cara Aman Menggunakan Gas LPG sebelum Aturan Baru Elpiji 3 Kg

BACA JUGA:Stok Elpiji 3 Kg di Wilayah Dekat Jabodetabek Ini Melimpah, Hiswana Migas: Daya Beli Masyarakat Menurun

Viktor sendiri menjelaskan bahwa kenaikan HET gas melon itu telah persulit usaha pedagang kecil, ditandai dengan pendapatan yang terus menurun.

Hal itu lantaran pedagang harus mengeluarkan modal lebih banyak namun tidak berani menaikan harga jual karena takut ditinggal konsumen.

"Jadi kan sangat jelas, kenaikan harga gas elpiji subsidi 3 kg ini ancaman serius bagi usaha para pedagang kecil jika tidak diperhatikan secara khusus," kata Viktor.

Sementara itu, soal rencana kenaikan HET gas melon subsidi di Kabupaten Bandung, mendapatkan penolakan dari anggota DPRD setempat.

BACA JUGA:Update Harga Elpiji 3 Kg, 5,5 Kg dan 12 Kg pada Pekan Keempat September 2023

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Praniko Imam Sagita, mengatakan DPRD tidak pernah menyetujui soal kenaikan harga tabung gas LPG 3 kg.

Hal itu menurutnya merupakan berita hoax yang harus dipertanggungjawabkan kebenarannya oleh si pembuat.

“Saya bersama anggota Komisi B tidak pernah mengetahui ada kenaikan harga tabung gas Elpiji 3kg, dan juga tidak pernah menerima surat pemberitahuan atau tembusan, tuduhannya sungguh suatu perbuatan tidak terpuji,” katanya.

Padahal, kata Praniko, dirinya telah meminta kepada Kadisperindag Dicky Anugerah untuk mempertahankan harga yang sudah ada dengan menangguhkan kenaikan. Apalagi disituasi saat ini pasca pandemi covid-19, warga masyarakat ekonominya masih belum stabil.

Lebih lanjut, Praniko mengatakan bahwa pengawasan peredaran Elpiji 3kg, masih belum maksimal. Karena tidak ada kesetaraan harga dan seakan dipaksakan.

BACA JUGA:ESDM Keluarkan Acuan Penetapan HET Gas LPG sebelum Aturan Baru Elpiji 3 Kg berlaku, Simak Penjelasan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: