Pecinta Kopi Hitam Pasti Tahu Beda Rasa Kopi Robusta dan Arabika, Kamu Suka yang Mana?

Pecinta Kopi Hitam Pasti Tahu Beda Rasa Kopi Robusta dan Arabika, Kamu Suka yang Mana?

Pecinta Kopi Hitam Pasti Tahu Beda Rasa Kopi Robusta dan Arabika, Kamu Suka yang Mana?--ilustrasi

Pecinta Kopi Hitam Pasti Tahu Beda Rasa Kopi Robusta dan Arabika, Kamu Suka yang Mana?

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Kamu merasa ada yang kurang jika memulai hari tanpa secangkir kopi hitam? Kalau jawabannya ia, berarti kamu adalah jenis pecinta kopi hitam sejati.

Lantas kamu menyukai kopi hitam tanpa gula atau dengan gula? Untuk mendapatkan rasa kopi hitam original, kamu harus mencoba kopi hitam tanpa gula.

Atau sebetulnya kamu merupakan seorang pecinta kopi hitam tanpa gula sejati. Kalau demikian, kamu layak menyandang predikat sebagai seorang pecinta kopi hitam sejati.

BACA JUGA:SAH, Daftar Harga Gas Elpiji Terbaru per 1 Oktober 2023

BACA JUGA:Tips OOTD Celana Cargo buat Wanita Hijab, Berikut 7 Outfit kasual dan Simpel

Lantas kamu lebih menyukai kopi jenis mana? Kopi Robusta atau Kopi Arabika? Untuk diketahui Kopi Robusta dan Kopi Arabika adalah 2 jenis kopi paling populer.

Di gerai kopi, kopi Robusta dan kopi Arabika adalah paling sering dicari. Sepintas kedua jenis kopi itu terlihat sama. Namun bagi pecinta kopi sejati, ada perbedaan mendasar pada kopi Robusta dan Kopi Arabika itu.

"Paling mudah membedakannya adalah dari aroma, Kopi Robusta memiliki aroma strong, sedangkan Kopi Arabika aromanya aga Light atau soft," terang Zikri Mubarak, seorang Barista Profesional yang sudah terkenal sebagaimana dikutif dari ANTARA.

Tapi tentu saja perbedaan bukan hanya pada aroma. Soal rasa, Kopi Arabika akan terasa lebih asam dibandingkan Kopi Robusta.

BACA JUGA:4 Daerah Penghasil Kopi Arabika Terbesar di Sumatera Utara, Simalungin dan Tapanuli Utara Urutan berapa?

BACA JUGA:4 Daerah Perkebunan Kopi Terluas di Provinsi Bengkulu, Kaur Urutan Ketiga, 3 Daerah Ini Disebut Segitiga Emas

Namun Kopi Robusta memiliki rasa sangat kuat dan pahit dengan aftertaste  mirip kacang tanah. Kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih kuat dibandingkan Kopi Arabika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: