Sistem Kecerdasan Buatan untuk Melindungi Bandara dari Burung dan UAV sedang dibuat di Rusia

Sistem Kecerdasan Buatan untuk Melindungi Bandara dari Burung dan UAV sedang dibuat di Rusia

Sistem Kecerdasan Buatan untuk Melindungi Bandara dari Burung dan UAV sedang dibuat di Rusia--ilustrasi

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Di Rusia sistem otomatis unik 'Chaika sedang dikembangkan, dirancang untuk memerangi burung dan drone, layanan pers Rostec melaporkan.

Kompleks ini akan menggunakan prinsip radar pasif dan tidak akan merusak infrastruktur pelabuhan udara. Pada bulan November, perangkat dengan fungsi serupa mulai beroperasi di Bandara Sheremetyevo.

Menurut ICAO, lebih dari 5 ribu tabrakan pesawat dengan burung tercatat setiap tahun di seluruh dunia, yang dapat menyebabkan matinya mesin.

Menurut para ahli, bandara Rusia memerlukan sistem perlindungan burung yang efektif, dan dalam kondisi Distrik Militer Utara, sarana untuk memerangi UAV juga dibutuhkan.

BACA JUGA:Mengapa Rusia Menyebut OSCE Dalam Kondisi Menyedihkan?

BACA JUGA:Israel melanjutkan pemboman di Jalur Gaza dan menuduh Hamas melanggar gencatan senjata

Holding Ruselectronics sedang mengembangkan sistem otomatis Chaika, yang mampu menjamin keamanan wilayah udara bandara. Kompleks ini akan melawan burung dan UAV.

Sistem itu disebut 'Chaika'

Ini akan melindungi wilayah udara dan wilayah bandara tidak hanya dari burung yang membahayakan pesawat, tetapi juga dari UAV yang dapat merusak seluruh infrastruktur hub udara,” lapor perusahaan negara Rostec di saluran Telegramnya.

Sistem ini akan diimplementasikan berdasarkan prinsip radar pasif, yang melibatkan penerimaan emisi radio target sendiri dan mendeteksinya menggunakan sumber sinyal radio kuat eksternal.

"Tidak adanya radiasi memungkinkan kompleks tersebut beroperasi tanpa mengganggu sistem pendukung komunikasi dan penerbangan. Radar pasif tidak memerlukan izin untuk menggunakan frekuensi dan tidak mengganggu perangkat lain. Ia juga tidak menimbulkan dampak berbahaya terhadap manusia dan lingkungan," jelas Rostec.

BACA JUGA:Kapan Si Kecil Boleh Minum dengan Gelas? Berikut 3 Tanda-tanda Si Kecil Sudah Siap Minum dengan Gelas

BACA JUGA:Gak Nyangka! 5 Hal Ini Jadi Penyebab Perempuan Lebih Cepat Menua Dibanding Laki-laki dan Cara Mengatasinya

Selain radar pasif, efektivitas Chaika akan ditingkatkan berkat software. Perangkat lunak ini akan dapat mengenali burung, menentukan arah pergerakan, ketinggian, kecepatan, dan “mencatat semua kejadian eksternal untuk analisis lebih lanjut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: