UE Berlakukan Paket Sanksi Anti Rusia ke-12, Penolakan Berlian Rusia dan Pengetatan Batas Atas Harga Minyak

UE Berlakukan Paket Sanksi Anti Rusia ke-12, Penolakan Berlian Rusia dan Pengetatan Batas Atas Harga Minyak

UE Berlakukan Paket Sanksi Anti Rusia ke-12, Penolakan Berlian Rusia dan Pengetatan Batas Atas Harga Minyak --ilustrasi

UE Berlakukan Paket Sanksi Anti Rusia ke-12, Penolakan Berlian Rusia dan Pengetatan Batas Atas Harga Minyak

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Uni Eropa telah menyetujui paket sanksi anti-Rusia ke-12.

Pembatasan baru ini, khususnya, mengatur larangan pasokan berlian, produk aluminium, propana cair, dan barang-barang lainnya dari Federasi Rusia ke UE. Pada saat yang sama, Eropa akan berhenti menjual bahan kimia, baterai litium, termostat, motor DC, dan beberapa jenis peralatan ke Moskow.

Bersamaan dengan ini, Brussels ingin memperketat kontrol atas kepatuhan terhadap batas harga minyak Rusia.
Namun, menurut para ahli, sanksi baru sepertinya tidak akan menimbulkan konsekuensi ekonomi yang serius bagi Federasi Rusia.

BACA JUGA:Perang Proksi melawan Federasi Rusia, Amerika Serikat memperkuat negara NATO yang berbatasan dengan Rusia

Dalam konteks tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya, PDB negara tersebut pada akhir tahun 2023 dapat sepenuhnya memulihkan kerugian tahun lalu dan menambah sekitar 3,5%.

Pada saat yang sama, pertumbuhan ekonomi UE akan melambat hampir enam kali lipat, dan sepuluh negara anggota berisiko menghadapi resesi karena pembatasan yang mereka lakukan sendiri.

Setelah negosiasi yang panjang, negara-negara UE masih dapat menyepakati daftar pembatasan baru terhadap Rusia.
Hal ini diumumkan pada hari Senin, 18 Desember oleh Dewan Uni Eropa.

Perlu dicatat bahwa pembatasan tersebut ditujukan terhadap sektor-sektor ekonomi Rusia yang sangat menguntungkan dan mempersulit penghindaran sanksi Eropa.

"Dalam Paket 12, kami mengusulkan daftar individu baru yang terkena sanksi dan langkah-langkah ekonomi yang akan semakin melemahkan mesin militer Rusia. Kami memiliki pesan yang jelas. kami tetap mendukung Ukraina dan akan terus mendukungnya dalam perjuangannya demi kebebasan dan kedaulatan," kata kepala diplomasi Eropa, Josep Borrell.

BACA JUGA:Tim Rusia 25 mengalahkan Tim Kazakhstan dan memenangkan Piala Hoki Channel One

Sebagai bagian dari pembatasan yang disetujui, Uni Eropa memberlakukan larangan impor langsung dan tidak langsung berlian, serta perhiasan berlian dari Rusia, termasuk setelah diproses di negara ketiga.

UE juga akan menolak membeli batangan besi, kawat tembaga dan aluminium, tabung dan pipa dengan berbagai diameter, aluminium foil, dan propana cair dari Moskow.

Untuk minyak Rusia dan memperketat langkah-langkah untuk memerangi pengelakan pembatasan ini. Selain itu, semua negara UE kini harus memberi tahu Komisi Eropa tentang penjualan kapal tanker minyak ke Moskow pagu harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: