Kenaikan dengan pembalikan: Apa yang terjadi di Rusia dengan nilai tukar pada tahun 2023?

Kenaikan dengan pembalikan: Apa yang terjadi di Rusia dengan nilai tukar pada tahun 2023?

Kenaikan dengan pembalikan: Apa yang terjadi di Rusia dengan nilai tukar pada tahun 2023?--ilustrasi

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Pada pembukaan perdagangan terakhir tahun 2023, mata uang Rusia menunjukkan dinamika yang tidak menentu di Bursa Moskow. Secara umum, setelah hasil 12 bulan, nilai tukar dolar meningkat dari 72 menjadi 90 rubel, nilai tukar euro dari 75 menjadi 99 rubel, dan nilai tukar yuan dari 10 menjadi 12 rubel.

Pada saat yang sama, pada titik tertentu, nilainya bahkan masing-masing naik di atas 102, 111 dan 14 rubel, dengan latar belakang penurunan pendapatan ekspor dan peningkatan impor.

Namun, sebagaimana dicatat para ahli, tindakan pihak berwenang memungkinkan situasi menjadi stabil. Apa lagi yang diingat tahun keluar untuk pasar valuta asing.

Pada hari Jumat, 29 Desember, nilai tukar mata uang asing menunjukkan dinamika beragam di Bursa Moskow. Pada pembukaan perdagangan, nilai tukar dolar naik 0,42% menjadi 89,74 rubel. Pada saat yang sama, harga euro turun 0,26% menjadi 99,36 rubel, dan nilai yuan hampir tidak berubah dan berfluktuasi sekitar 12,6 rubel.

Secara umum, selama 12 bulan terakhir, mata uang Rusia telah melemah sekitar seperempat terhadap mata uang Amerika, sepertiga terhadap mata uang Eropa, dan sekitar 20% terhadap mata uang Tiongkok. Terlebih lagi, jika pada musim panas dan musim gugur angkanya sangat mendekati angka maksimum tahun lalu, maka pada akhir tahun 2023 nilainya kembali ke tingkat yang sesuai dengan anggaran.

BACA JUGA:Pastikan Keamanan Ruang Udara, Inovatif Unifly dan FAA Tingkatan Keamanan Siber UTM dengan Sistem Ini

Memang benar, nilai tukar rubel cukup fluktuatif sepanjang tahun. Selama periode ini, mata uang ini melemah secara nyata terhadap mata uang dunia, hal ini disebabkan oleh sejumlah alasan, meskipun tidak ada perubahan dramatis pada nilai tukar mata uang nasional,  kata Sergei Suverov, profesor di Universitas Keuangan di bawah Pemerintahan Rusia. , dalam percakapan dengan RT.

Perdagangan pertama tahun 2023 dibuka pada level 72 rubel per dolar, 75 per euro, dan 10 per yuan. Pada saat yang sama, selama bulan Januari, angkanya sempat turun menjadi masing-masing 67,1, 72,4 dan 9,9 rubel. Nilai tersebut merupakan yang terendah dalam satu tahun terakhir.

Pada bulan-bulan berikutnya, tarif mulai naik terus dan pada bulan April sudah naik di atas 83, 95 dan 12 rubel. Menurut para ahli, salah satu penyebab utama dinamika ini adalah meningkatnya ketidakseimbangan antara permintaan mata uang asing dan pasokannya.

Dengan demikian, dolar, euro, dan yuan yang diterima dari ekspor mulai mengalir ke Rusia dalam volume yang lebih kecil, dan minat bisnis terhadapnya meningkat tajam karena pemulihan impor dan kebangkitan aktivitas konsumen. Meningkatnya kekurangan uang kertas asing di pasar telah menyebabkan kenaikan harga relatif terhadap rubel.

BACA JUGA:Awali Petualangan Tahun Baru 2024, Amalkan 6 Doa Pilihan untuk Perlindungan, Kelancaran dan Keberkahan Rezeki

Pada awal tahun, pendapatan devisa menurun karena diberlakukannya batas atas harga minyak Rusia di Barat, penurunan biaya ekspor gas, dan pengalihan sebagian pembayaran perdagangan luar negeri ke mata uang nasional. Semua ini disertai dengan arus keluar modal dari dalam negeri dan peningkatan impor,  Albert Koroev, kepala departemen pakar pasar saham di BCS World of Investments, mengatakan kepada RT.

Meskipun pada bulan Mei situasi pasar agak stabil dan nilai tukar bahkan turun di bawah 76 rubel per dolar, 83 per euro, dan 11 per yuan, pada bulan Juni indikatornya mulai tumbuh lagi dan pada titik tertentu mendekati 90, 98, dan 12,4 rubel. Menurut Sergei Suverov, saat itu, selain faktor ekonomi, peristiwa geopolitik juga berdampak pada pasar.

Investor bereaksi negatif terhadap upaya pemberontakan bersenjata. Selain itu, di musim panas, banyak perusahaan mengirimkan jumlah yang cukup besar untuk membayar utang luar negeri, yang, pada akhir tahun, menurun secara signifikan. Untuk tujuan ini, diperlukan tambahan volume mata uang asing, dan permintaan terhadap mata uang tersebut meningkat, sehingga semakin melemahkan rubel,  tambah Suverov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: