Gulma Edible Bisa jadi Hidangan Lezat? Ternyata Ini Manfaat beberapa Tanaman Liar untuk Kesehatan!

Gulma Edible Bisa jadi Hidangan Lezat? Ternyata Ini Manfaat beberapa Tanaman Liar untuk Kesehatan!

Gulma Edible Bisa jadi Hidangan Lezat? Ternyata Ini Manfaat beberapa Tanaman Liar untuk Kesehatan!--ilustrasi

RADARKAUR.CO.ID - Gulma Edible Bisa jadi Hidangan Lezat? Ternyata Ini Manfaat beberapa Tanaman Liar untuk Kesehatan!

Siapa bilang gulma cuma bikin kebun kacau? Yuk, kita bahas manfaat gulma edible dan trik menyajikannya agar jadi hidangan yang lezat dan bermanfaat untuk kesehatanmu.

Gulma yang biasanya dianggap sebagai masalah di kebun bisa jadi bahan masakan baru di dapurmu. Mereka yang aman dikonsumsi disebut "gulma edible."

Lebih jelasnya gulma edible mengacu pada tanaman liar atau tumbuhan yang tumbuh di alam liar atau di kebun, yang sebenarnya dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan.

BACA JUGA:Dikira Hanya Gulma, Ini Manfaat Babadotan, Rumput Ajaib yang Bikin Luka Cepat Sembuh!

Meskipun istilah "gulma" biasanya dikaitkan dengan tanaman yang dianggap merugikan, sejumlah tanaman ini aman untuk dimakan dan bahkan memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Contoh gulma edible termasuk daun dan bunga dandelion dapat diolah menjadi salad, teh, atau bahkan camilan kering.

Purslane, ranaman yang kaya akan omega-3 ini dapat ditambahkan ke dalam salad atau dimakan sebagai sayuran hijau. Dan bunga clover yang aman dikonsumsi dapat menjadi tambahan unik pada smoothie atau salad.

Siapa sangka gulma bisa punya manfaat kesehatan? Mereka biasanya kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Dandelion, misalnya, punya antioksidan tinggi, sementara purslane mengandung omega-3.

BACA JUGA:Bayi Terlelap Sepanjang Malam, 7 Tips Ampuh Agar si Kecil Cepat Tidur di Malam Hari

Berikut cara mengolah gulma agar menjadi masakan yang lezat dan bermanfaat untuk kesehatan:

1. Dandelion Chips

Ambil daun dandelion yang segar dan muda. Pilih yang belum mekar sepenuhnya untuk mendapatkan tekstur yang lebih lembut. Bersihkan daun dengan hati-hati. Pastikan tidak ada sisa tanah atau kotoran yang menempel.

Letakkan daun dandelion yang sudah dibersihkan di atas alat pengukus. Kukus daun tersebut selama beberapa menit saja. Tujuan kukus ini adalah untuk mengurangi kelembaban sehingga dandelion chips bisa lebih crispy saat dipanggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: