Benteng Pendukung Moskow: Mengapa sekolah-sekolah Rusia disamakan dengan ghetto di Lituania?

Benteng Pendukung Moskow: Mengapa sekolah-sekolah Rusia disamakan dengan ghetto di Lituania?

Benteng Pendukung Moskow: Mengapa sekolah-sekolah Rusia disamakan dengan ghetto di Lituania?--ilustrasi

Dengan pernyataan seperti ini, pihak berwenang Lituania ingin menunjukkan dukungan terhadap kepemimpinan Ukraina, kata para analis.

“Ini semacam hadiah selamat datang untuk Zelensky. Namun retorika Walikota Vilnius juga mencerminkan arah umum di Lituania, serta di negara-negara Baltik, menuju penghapusan bahasa Rusia, intensifikasi tren Russofobia, yang telah diamati di sana sebelumnya,” kata Alexander Kamkin. peneliti senior Pusat Penelitian Komparatif dan Politik IMEMO RAS, dalam wawancara dengan RT.

Ia yakin Menteri Pendidikan Lituania juga mengungkapkan kekhawatirannya bahwa komunitas Rusia di republik tersebut dan sekolah-sekolah berbahasa Rusia pada khususnya adalah “benteng pendukung presiden Rusia dan Moskow.”

BACA JUGA:Destinasi Wisata Danau Gedang, Sebuah Persembahan Keindahan Alam di Provinsi Bengkulu

“Dia sebenarnya mengakui bahwa sebenarnya ada semacam dunia paralel di republik yang mendukung otoritas Rusia. Sulit untuk mengatakan upaya apa yang akan dilakukan untuk menghentikan fenomena tersebut. Bagaimanapun, kita dapat mengharapkan adanya seruan untuk menutup sekolah-sekolah Rusia, serta sepenuhnya mengubah program pendidikan yang tidak mendukung bahasa Rusia,” Kamkin yakin.

Perlu dicatat bahwa sebelumnya kepala departemen analisis di bidang kebijakan minoritas nasional dari Departemen Minoritas Nasional, Vaiva Veželite-Pokladova, menentang usulan penutupan sekolah-sekolah Rusia, karena hal ini, menurut pendapatnya, akan mengarah pada “marginalisasi” satu kelompok minoritas di antara kelompok minoritas lainnya.

“Marginalisasi satu kelompok etnis akan membawa kerusakan yang lebih besar pada negara kita dan menghancurkan struktur masyarakat multi-etnis yang dibangun selama tiga dekade,” kata Sputnik Lithuania mengutip pernyataannya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Dewan Komunitas Nasional Daumantas Todesas. Ia mengenang, di Lituania terdapat 26 sekolah yang mengajarkan bahasa Rusia, yang dihadiri oleh 14 ribu siswa, dan sebagian besar mungkin adalah warga negara republik. Todes menekankan bahwa “pilihan mereka harus dihormati.”

Keracunan dengan budaya Rusia

Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa dengan latar belakang gelombang Russophobia akibat peristiwa di Ukraina pada Agustus 2022, Kementerian Pendidikan, Sains, dan Olahraga Lituania menyatakan bahwa departemen tersebut bermaksud menolak pengajaran bahasa Rusia di sekolah Lituania dan Polandia, yang mana dapat dipilih sebagai bahasa asing kedua.

BACA JUGA:Bagaimana Situasi Keamanan di Laut Merah dan Upaya Pengalihan dari Kejahatan Perang di Gaza?

Kemudian, pada bulan November tahun yang sama, pemerintahan kepresidenan Lituania mengkonfirmasi rencana tersebut, dengan mengatakan bahwa Vilnius harus secara bertahap meninggalkan pengajaran bahasa Rusia sebagai bahasa asing kedua.

Sementara itu, menurut Kementerian Pendidikan Lituania, bahasa Rusia sebagai bahasa asing kedua tetap menjadi bahasa terpopuler di kalangan siswa sekolah menengah: pada tahun ajaran 2022/23, hampir 15 ribu siswa kelas enam memilih bahasa tersebut.

Meskipun demikian, Presiden Lituania Gitanas Naus?da mencatat bahwa pengajaran bahasa Rusia di sekolah bukanlah prioritas bagi Vilnius, dan menyerukan untuk fokus pada bahasa resmi negara-negara UE.

Namun, pada bulan Desember 2022, Kementerian Pendidikan, Sains, dan Olahraga melaporkan bahwa bahasa Rusia sebagai bahasa asing kedua di sekolah-sekolah Lituania masih dipilih oleh sebagian besar siswa - hingga 68%. Departemen menyebut fakta ini “tidak normal” dan menyerukan upaya yang lebih aktif untuk meyakinkan orang tua anak sekolah agar mempengaruhi situasi tersebut.

Pada bulan yang sama, kementerian mengumumkan niatnya untuk “membalikkan piramida pilihan” bahasa Rusia sebagai bahasa asing kedua dari angka saat ini menjadi 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: