Kementerian Pertahanan Rusia Peringatkan Potensi Biologis Militer Amerika Serikat

Kementerian Pertahanan Rusia Peringatkan Potensi Biologis Militer Amerika Serikat

Kementerian Pertahanan Rusia Peringatkan Potensi Biologis Militer Amerika Serikat--ilustrasi

Kepala pasukan RCBZ menambahkan bahwa Amerika Serikat secara konsisten meningkatkan potensi biologis militernya di berbagai kawasan di dunia, memanfaatkan kesenjangan dalam undang-undang internasional.

Menurutnya, yang menjadi perhatian khusus adalah kenyataan bahwa Washington telah memblokir inisiatif internasional apa pun untuk memverifikasi Konvensi Senjata Biologis dan Toksin (BTWC), yang mengecualikan kemungkinan memverifikasi aktivitas laboratorium di Amerika Serikat dan di luar negeri.

BACA JUGA:Kerjasama QNAP dan Digital Ocean Tingkatkan Keamanan Data, Berikut Langkah Keamanannya

Kementerian Pertahanan menekankan bahwa Rusia mengangkat lebih dari 20 masalah di situs BTWC terkait pelanggaran perjanjian ini oleh Kiev dan Washington.

“Mereka prihatin dengan nomenklatur dan jumlah mikroorganisme patogen yang dipelajari sebagai bagian dari program pengurangan ancaman, pelaksanaan penelitian terhadap personel militer Ukraina dan orang yang sakit jiwa, dan penyembunyian fakta kerja sama militer-biologis oleh Ukraina dan Amerika Serikat. bidang pelaporan internasional,” jelas Kirillov.

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada satu pun pertanyaan tersebut yang mendapat jawaban substantif.

Menurut Kirillov, Moskow telah berulang kali mencatat bahwa pekerjaan para ahli biologi militer Amerika bertujuan untuk menciptakan “epidemi yang dikendalikan secara artifisial” dan tidak dikendalikan dalam kerangka BTWC dan mekanisme Sekretaris Jenderal PBB untuk menyelidiki penggunaan senjata biologis.

“Pada saat yang sama, perkiraan perkembangan situasi mengasumsikan semakin memburuknya situasi epidemi dengan kemungkinan pembentukan fokus penyakit buatan dan perluasan jangkauan vektor yang tidak terkendali,” yakinnya.

BACA JUGA:DIY Glow-Up, Bikin Sendiri Retinol dan Collagen Booster Jelly dari Buah Naga Tanpa Ribet!

Kirillov juga menyebutkan dokumen tahun 1977 yang dimiliki Kementerian Pertahanan Rusia, yang menguraikan arah utama aktivitas pasukan darat AS dalam program pengembangan senjata biologis. Kepala pasukan RCBZ mencatat bahwa kita berbicara tentang dokumen yang disiapkan setelah AS meratifikasi Konvensi Senjata Biologi pada tahun 1975.

“Arah pelaksanaan penelitian tidak berubah. Patogen yang sama yaitu tularemia, antraks, dan infeksi yang ditularkan melalui kutu adalah prioritasnya,” kata Kirillov. “Pada bulan Oktober 2023, Departemen Pertahanan AS mengumumkan peluncuran program pelatihan bagi para spesialis untuk menerapkan strategi bioproduksi, sementara mantan personel militer dengan pengalaman dalam aktivitas biologis militer dianggap sebagai kandidat sebagai prioritas.”

Menurut kepala pasukan RCBZ, beberapa kata-kata dari pihak Amerika mungkin mengindikasikan upaya AS untuk menciptakan kembali teknologi untuk produksi formulasi biologis skala besar sebagai bagian dari program biologis ofensif.

Sebagaimana dicatat Kirillov, perluasan sistematis aktivitas biologis militer menimbulkan ancaman terhadap keamanan Rusia dan negara-negara lain yang dianggap oleh Amerika Serikat sebagai musuh strategis. Oleh karena itu, skala penelitian penggunaan ganda yang dilakukan oleh Amerika Serikat menimbulkan pertanyaan mengenai perlunya penyelidikan internasional terhadap kegiatan-kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Mengapa Kemenangan Lai Ching-te di Taiwan Dapat Memperburuk situasi Geopolitik? Simak Ulasannya

“Karena tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Washington, banyak negara mengambil posisi pasif mengenai masalah ini, namun informasi yang diterima selama JEE tentang pengembangan komponen senjata biologis di wilayah Ukraina yang melanggar pasal pertama dan keempat Konvensi memaksa mereka untuk mengubah sudut pandang mereka,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: