Ini Kata Ahli Soal Ancaman Israel Menyerang Iran dan membuka Front melawan Hizbullah

Ini Kata Ahli Soal Ancaman Israel Menyerang Iran dan membuka Front melawan Hizbullah

Ini Kata Ahli Soal Ancaman Israel Menyerang Iran dan membuka Front melawan Hizbullah--ilustrasi

“Para ayatollah Iran tidak akan bisa tidur nyenyak, kami akan melakukan segala kemungkinan untuk membuat mereka membayar mahal jika, amit-amit, mereka membuka front utara,” kata Barkat.

Seperti yang dikatakan politisi tersebut, pihak yang menyerang Israel akan menghadapi nasib yang sama di Jalur Gaza.

“Israel ingin memperjelas sesuatu kepada musuh-musuhnya. Kami berkata: lihatlah apa yang terjadi di Jalur Gaza. Jika Anda menyerang kami, hal yang sama menanti Anda. Kami akan memusnahkanmu dari muka bumi,” lanjut menteri itu mengancam.

BACA JUGA:Sayurbox Kolaborasi dengan CENTRIGO™ Luncurkan PLANTO: Inovasi Sayuran Premium dengan Fitur Pemindaian Nutrisi

BACA JUGA:Content Creator asal Indonesia bergabung dalam creator network AnyMind Group

RT berdiskusi dengan para ahli tentang tujuan yang mungkin dicapai Barkat dan kepemimpinan Israel dengan membuat pernyataan keras tersebut, serta konsekuensi dari semakin memburuknya situasi di Timur Tengah.

— Menurut Anda, apa alasan retorika keras Nir Barkat? Mengapa Menteri Perekonomian mengeluarkan pernyataan yang jelas-jelas melampaui kompetensi formalnya? The Telegraph, misalnya, melaporkan semakin besarnya pengaruh Barkat di dalam partai Likud, yang mengisyaratkan ambisinya untuk menjadi perdana menteri negara tersebut.

Pakar dari Pusat Timur Dekat dan Tengah dari Institut Studi Oriental Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia Irina Fedorova:

— Tidak ada konsensus di Israel mengenai cara keluar dari krisis Timur Tengah yang dimulai pada Oktober tahun lalu. Beberapa elit negara Yahudi percaya bahwa kekuatan militer tidak boleh digunakan terlalu keras, namun ada politisi yang bersikeras mengambil tindakan radikal untuk menghilangkan ancaman keamanan.

Salah satu elang tersebut adalah Nir Barkat. Dia adalah seorang pengusaha besar dan telah terlibat dalam politik Israel selama sekitar 20 tahun. Ia menjabat sebagai Wali Kota pada 2008 hingga 2018 dan pada 1 Januari 2023 menerima jabatan Menteri Perekonomian dan Industri dari Partai Likud yang berhaluan kanan-tengah.

Media menyebut Barkat mempunyai ambisi politik yang besar. Saya tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini memang benar dan dia berharap dapat meningkatkan pengakuannya dengan pernyataan yang keras. Namun, kemungkinan besar, sudut pandang Barkat merupakan indikator kontradiksi, konflik kepentingan di kalangan penguasa negara Yahudi.

Pada saat yang sama, serangan agresif terhadap Teheran ditentukan oleh keinginan Tel Aviv untuk mendinginkan kesediaannya untuk berpartisipasi dalam kampanye melawan Israel dan mendukung kekuatan anti-Israel di wilayah tersebut. Kita berbicara tentang Hamas, Hizbullah dan Houthi Yaman, yang  akhir tahun lalu  mengumumkan blokade di Laut Merah terhadap kapal-kapal milik Israel atau sedang menuju ke sana.

Sebagai tanggapan, Amerika Serikat dan sekutunya meluncurkan Operasi Sentinel Kemakmuran, yang menargetkan sasaran Ansar Allah di Yaman. Akibatnya, pelayaran di Laut Merah menjadi semakin sulit.

Spesialis Timur Tengah, pakar Dewan Urusan Internasional Rusia Elena Suponina:

— Menteri Ekonomi Israel mengulangi pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini. Selama bertahun-tahun dia bermain-main dengan gagasan untuk tidak menyerang organisasi-organisasi pro-Iran di kawasan, tetapi juga terhadap Iran sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: