Ada Dua Tahap Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung, Dimulai Kapan?

Ada Dua Tahap Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung, Dimulai Kapan?

Ada Dua Tahap Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung, Dimulai Kapan?--ilustrasi

Ada Dua Tahap Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung, Dimulai Kapan?

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung sudah menjadi agenda pemerintah pusat kedepan. Bahkan rencana pembangunan jalan bebas hambatan itu sudah masuk dalam agenda jangka panjang.

Pemerintah pusat melalui Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) telah membuat program pembangunan Tol Bengkulu-Lampung dalam dua tahap.

Tabulasi rencana pembangunan tol Lampung Bengkulu itu sudah diterima oleh Pemkab Pesisir Barat Provinsi Lampung sejak 31 Januari 2024 lalu.

BACA JUGA:Bersama LindungiHUtan, Rayakan 5 Tahun Cause ID dengan 901 Mangrove di Kendal

BACA JUGA:Ancam Geruduk Kejari Kaur dengan 400 Orang, Massa Aksi Bawa 5 Tuntutan, Simak!

Lantas seperti apa rencana pembangunan tol Bengkulu Lampung itu?

Melansir dari Harian Waktu Lampung Online, Sabtu 3 Februari 2024, pembangunan tol Bengkulu-Lampung Tahap pertama akan mulai dilaksanakan pada tahun 2030 hingga 2034 atau dilaksanakan selama 4 tahun.

Kemudian tahap kedua pembangunan tol Bengkulu-Lampung akan dimulai tahun 2035 hingga 2039 yang juga menghabiskan waktu 4 tahun.

Tahap pertama pembangunan Tol Bengkulu Lampung akan dikerjakan sepanjang 253 km.

BACA JUGA:Tanggapan Pemprov Bengkulu Soal Wacana Pembangunan Tol Bengkulu-Lampung, Apa Kata Pemda Kaur?

Meliputi ruas Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung - Padang Cermn, Pesawaran - Simpang Kota Agung, Tanggamus dengan panjang 152 km.

Kemudian Pelabuhan Panjang - Lematang, Tanjung Bintan - Kabupaten Lampung Sellatan sepanjang 11 km. Dan pekerjaan terakhir tahap pertama pembangunan Tol Lampung Bengkulu adalah SS Natar - Kota Agung - Tanggamus sepanjang 90 km.

Sementara tahap kedua pembangunan Tol Bengkulu-Lampung akan dibangun sepanjang 241 km. yakni meliputi KOta Agung - Bengkunat sepanjang 60 km. Kemudian Bengkunat - Pesisir Barat sepanjang 180 km dan batas Provinsi Lampung - Ruas Bengkulu sepanjang 1 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: