Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan

Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan

Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan--ilustrasi

Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Eratani Teknologi Nusantara, pelopor solusi agritech di Indonesia, berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mengintegrasikan teknologi Internet of Things (IoT) dalam mendukung strategi operasional pertanian yang lebih canggih.

Kolaborasi ini memungkinkan Eratani untuk mengimplementasikan sistem rekomendasi pemupukan cerdas yang akan memandu Petani Mitra Eratani dalam mengelola sumber daya secara efisien dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Menurut laporan USDA (United States Department of Agriculture), Indonesia berada di urutan keempat konsumsi beras global, dengan total konsumsi mencapai 35,367 juta ton per tahun, menandakan tingginya permintaan beras di Indonesia yang dikonsumsi sehari-hari.

BACA JUGA:Golden Rama Tours & Travel, Mitra Perjalanan Bisnis Terpadu Anda

BACA JUGA:Four Points by Sheraton Surabaya Pakuwon Indah Menggelar Pesta Alun-Alun Ramadhan dengan Hidangan Tradisional

Dengan adanya tantangan seperti konversi lahan yang tercatat oleh Kementerian Pertanian mencapai 90.000 hingga 100.000 hektar per tahun, pentingnya meningkatkan efisiensi dalam pertanian menjadi semakin krusial.

Menghadapi penurunan lahan pertanian, petani dihadapkan pada kebutuhan untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada melalui praktek pertanian berkelanjutan, dimana IoT berperan penting.

IoT dalam pertanian memungkinkan pemantauan kondisi tanaman, deteksi penyakit dan hama, serta analisis kesuburan tanah melalui sensor yang terkoneksi internet, memberikan data real-time yang akurat.

Adwin Pratama Anas, VP Operasional Eratani, menyatakan,  Kami menghargai dukungan dari Bank BRI yang turut mendorong inovasi dalam sektor pertanian di Indonesia.

BACA JUGA:Nih, Tabel Angsuran KUR BRI 2024 Plafon Rp20 juta, Proses Cepat Tanpa Agunan

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Plafon Rp150 Juta, Tabel Angsuran Pinjaman Pertama, Kedua, Ketika dan Keempat!!!

Melalui kemitraan ini, Eratani berupaya menjadi mitra andalan bagi petani dengan menyediakan dukungan komprehensif dalam seluruh proses pertanian, dari awal hingga akhir, dengan menerapkan konsep pertanian pintar.

Kami berambisi inisiatif ini akan membuka peluang baru bagi petani untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka selama periode tanam dengan lebih akurat dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: