Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan

Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan

Eratani dan Bank BRI Sinergi Mengembangkan Pertanian Pintar Berbasis IoT untuk Efisiensi Pengelolaan Lahan--ilustrasi

Kami berharap kerjasama ini akan mendorong lebih banyak pihak untuk ikut serta dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia.

Fauzan Rahman dari Kantor Cabang Pembantu BRI Kementrans, menambahkan,  Kami bersemangat dalam kolaborasi dengan Eratani, perusahaan agritech yang memahami kebutuhan dukungan multifaset bagi agronomis di lapangan agar mereka dapat bekerja lebih efektif. Kami berharap sinergi ini akan membawa dampak positif bagi dunia pertanian Indonesia.

BACA JUGA:Nih, 6 Desain Rumah Minimalis Modern, Cocok buat di Kampung, Sederhana Tapi Unik dan Menarik

BACA JUGA:Ikon Kota Bintuhan, Dibangun dengan Anggaran Rp1,3 Miliar, Hasilnya Malah Begini...

Sistem Rekomendasi Pemupukan Pintar Eratani tidak hanya mengukur unsur hara tanah seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan pH tanah, tetapi juga memungkinkan perhitungan kebutuhan pupuk berdasarkan kondisi spesifik tanah secara instan, lebih cepat daripada metode laboratorium konvensional.

Sistem ini juga dilengkapi sensor yang menyesuaikan kebutuhan hara tanah dengan target hasil panen, memaksimalkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan produktivitas tanaman bagi petani.

Didirikan pada tahun 2021, Eratani adalah perusahaan agritech yang berdedikasi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan pendapatan petani melalui pendampingan pertanian. Pada tahun 2023, Eratani diakui sebagai Top 3 Best Agritech in the World oleh G20 Digital Innovation Alliance.

BACA JUGA:Menggebu Diawal, Proyek Pembangunan Jalan 2 Jalur Kota Bintuhan Kaur Harus Terima Kenyataan Ini...

Eratani bertujuan untuk memudahkan proses dari hulu (misalnya akses pendanaan petani, manajemen rantai pasok) hingga hilir (distribusi dan pemasaran hasil panen) dalam ekosistem pertanian. Eratani kini telah merambah ke berbagai wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: