Eratani Perkenalkan Inovasi Sistem Pemupukan Pintar kepada Petani di Jawa Barat

Eratani Perkenalkan Inovasi Sistem Pemupukan Pintar kepada Petani di Jawa Barat

Dihadiri oleh; Andrew Soeherman (CEO Eratani), Petani Mitra Eratani, dan Hilman Hasyim Firdaus (Kepala Kecemerlangan Petani Eratani) --ilustrasi

Eratani Perkenalkan Inovasi Sistem Pemupukan Pintar kepada Petani di Jawa Barat

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Dalam upaya terus meningkatkan efektivitas dan hasil produksi pertanian di Indonesia, PT Eratani Teknologi Nusantara telah menggelar serangkaian uji coba untuk teknologi terbarunya, yaitu Sistem Rekomendasi Pemupukan Pintar, di kerja sama dengan para Petani Mitra Eratani di berbagai lokasi di Jawa Barat.

Kegiatan ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh komunitas petani, yang menunjukkan kesiapan mereka untuk mengadopsi metode inovatif ini dalam proses pemupukan, dengan harapan dapat memboosting produktivitas hasil tanam mereka.

Data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat pada 2023 mencatat adanya penurunan luas lahan panen padi sebesar 81,53 ribu hektare dibandingkan tahun sebelumnya, khususnya di daerah-daerah pusat produksi seperti Kabupaten Karawang yang mengalami penurunan produksi hingga 130,2 ribu ton.

BACA JUGA:Trading Kripto di Tokocrypto Meningkat Tajam Selama Ramadhan 2024, Ini Faktor Penyebabnya

BACA JUGA:3 Oknum PNS Kemenhub Terjaring OTT Polda Bengkulu, Kasusnya Begini

Salah satu penyebab utama dari fenomena ini adalah pemupukan yang tidak tepat, yang berdampak pada kekurangan nutrisi esensial yang dibutuhkan tanaman padi untuk tumbuh secara optimal.

Andrew Soeherman, CEO Eratani, mengungkapkan optimisme terhadap teknologi baru ini, "Kami berharap Sistem Rekomendasi Pemupukan Pintar ini dapat memberikan solusi bagi Petani Mitra Eratani untuk melakukan pemupukan yang lebih akurat dan efisien.

Ini adalah bagian dari strategi kami untuk menjamin keberlanjutan sektor pertanian yang tidak hanya fokus pada peningkatan hasil, namun juga pada pemeliharaan kesehatan tanah untuk masa depan yang berkelanjutan."

BACA JUGA:Desa Cahaya Bathin Terima Bantuan Bibit Ayam Petelur Elba dari Kapolres Kaur

BACA JUGA:DPD PAN Kaur Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur, Simak Syarat dan Ketentuannya

Hilman Hasyim Firdaus, Kepala Kecemerlangan Petani di Eratani, menambahkan, "Dengan teknologi IoT, kami berharap para petani dapat mengoptimalkan dosis pemupukan berdasarkan data akurat dan rekomendasi yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan tanaman yang maksimal.

Kami telah melaksanakan uji coba ini di beberapa lokasi di Jawa Barat dan menantikan hasil yang lebih menggembirakan, di mana para petani dapat menyaksikan peningkatan yang signifikan baik dalam kualitas maupun volume hasil panen mereka."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: