Lonjakan Nilai Transaksi Kripto Indonesia di Bulan Maret 2024

Lonjakan Nilai Transaksi Kripto Indonesia di Bulan Maret 2024

Data perkembangan transaksi dan pelanggan aset kripto. Sumber: Tokocrypto.--ilustrasi

Lonjakan Nilai Transaksi Kripto Indonesia di Bulan Maret 2024

RADARKAUR.CO.ID - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengumumkan bahwa terjadi peningkatan drastis dalam nilai transaksi aset kripto di Indonesia pada bulan Maret 2024, dengan total transaksi mencapai Rp103,58 triliun.

Angka ini naik 207,5% dari nilai transaksi bulan Februari 2024 yang hanya Rp33,69 triliun.

Paralel dengan kenaikan nilai transaksi, jumlah pelaku investasi kripto di Indonesia juga meningkat menjadi 19,75 juta investor, naik dari 19,18 juta di bulan sebelumnya, atau bertambah sekitar 570.000 investor (2,97%).

BACA JUGA:Ingin Website Profesional? Simak 9 Keunggulan Layanan Pembuatan Website dari Nextgen

BACA JUGA:Ekspansi Bandara Internasional Dubai, Momentum Baru untuk Sektor Properti

Yudhono Rawis, CEO Tokocrypto, menyatakan bahwa lonjakan ini dipicu oleh beberapa faktor, termasuk kenaikan harga Bitcoin dan minat yang lebih besar dari masyarakat terhadap aset kripto.

“Faktor utama dari performa pasar kripto yang kuat di bulan Maret adalah kenaikan harga Bitcoin, yang mencapai rekor baru hampir US$74.000. Ditambah lagi, ketertarikan yang terus menerus dari institusi terhadap ETF Bitcoin di Amerika Serikat turut mendongkrak harga Bitcoin dan memicu minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar kripto,” ungkap Yudho.

Lebih lanjut, Yudho menambahkan bahwa kenaikan harga aset kripto di bulan Maret menggambarkan optimisme pasar yang tinggi terkait rencana The Fed untuk menurunkan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini meskipun dihadapkan pada inflasi yang lebih tinggi.

Hal ini, sebagaimana dikatakan Yudho, meningkatkan permintaan akan aset penyimpan nilai alternatif seperti emas fisik dan Bitcoin.

BACA JUGA:Konser Jamrud Spektakuler dan Pesan Kegembiraan Menyambut Pilkada Serentak 2024 di Bengkulu

BACA JUGA:G-Schools Indonesia Summit 2024, REFO Soroti Tren AI dalam Edukasi Google

Dalam sektor kripto, segmen memecoin menunjukkan performa yang sangat baik selama bulan Maret, dengan tokennya diperdagangkan lebih banyak untuk hiburan meskipun dianggap sebagai investasi berisiko tinggi.

“Memecoin telah menjadi katalis utama pertumbuhan pasar kripto pada bulan Maret. Dari 100 token teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, semua memecoin mengalami kenaikan yang signifikan, dengan proyek seperti $FLOKI dan $WIF tumbuh masing-masing sebesar 298,71% dan 250,76%, menarik banyak investor yang didorong oleh antusiasme komunitas dan semangat spekulatif,” kata Yudho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: