Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK--ilustrasi

"Kami melihat pentingnya kolaborasi yang konsisten ini, berjalan beriringan dengan upaya pemerintah dalam memperluas akses pasar bagi pelaku UMKM sehingga mereka dapat bersaing di pasar global," ujar Christina saat membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di acara "Bincang Wirausaha Nasional, Komunitas dan Jejaring."

Kepala Hubungan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, menegaskan bahwa pendampingan berkelanjutan dari Sampoerna dan INOTEK adalah kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

BACA JUGA:Kelola Foto dengan Mudah Menggunakan QNAP QuMagie

BACA JUGA:ETF Kripto Pertama di Indonesia, Peluang Baru Membangun Kekayaan lewat DeFi, Simak!

"Kami berharap dengan adanya akses pasar yang lebih baik, UMKM dapat naik kelas dan bahkan memasuki pasar ekspor," kata Ishak.

Sejak berdiri tahun 2007, SETC telah menyediakan pelatihan terintegrasi yang mencakup soft skill dan hard skill untuk meningkatkan kapasitas UMKM.

Dengan fasilitas pelatihan di Pasuruan, Jawa Timur, SETC telah melatih lebih dari 72.000 peserta dari seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2023 dan juga memfasilitasi riset terapan serta konsultasi usaha.

Manfaat Jaringan dan Komunitas dalam Mendorong UMKM untuk Berkembang dan Menjangkau Pasar Ekspor

Peranan jaringan dan komunitas sangat krusial bagi UMKM dalam meningkatkan kelas usaha hingga mampu menembus pasar ekspor. Melalui komunitas, UMKM dapat bertukar pengalaman dan strategi yang efektif untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka.

BACA JUGA:Ragam Pilihan Properti di Dubai yang Menyuguhkan Gaya Hidup Sesuai Selera

BACA JUGA:Susu Kambing Etamilku, Solusi Alami untuk Masalah Pernafasan dan Persendian

Keberhasilan ini terlihat jelas pada beberapa UMKM yang tergabung dalam Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC), sebuah program pelatihan yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di bawah program "Sampoerna Untuk Indonesia".

Informasi ini diungkapkan dalam acara "Diskusi Wirausaha Nasional, Komunitas dan Jaringan: Apakah Bisa Mendorong Percepatan Usaha Kecil di Panggung Global?" yang diadakan di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM pada hari Selasa (30/4/2024).

Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI untuk Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, menekankan bahwa sinergi UMKM merupakan kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah krisis keuangan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: