Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK--ilustrasi

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Puji Dukungan UMKM Sampoerna & INOTEK

JAKARTA - Dukungan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) terhadap UMKM di Indonesia mendapatkan pujian dari Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM).

Melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dalam kerangka program "Sampoerna Untuk Indonesia" bekerja sama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), Sampoerna telah membantu UMKM lokal untuk meningkatkan kelas mereka.

Baru-baru ini, SETC dan INOTEK memperkenalkan Program SEMANGAT yang bertujuan untuk memperluas akses pasar UMKM dan mengarah pada peningkatan kelas UMKM. Program ini mencakup serangkaian workshop, sesi coaching, pencocokan pasar, dan tap-in internasional.

BACA JUGA:Mengetahui Dokumen Dibutuhkan untuk Pendirian Bisnis, Simak 5 Dokumen Untuk Pendaftaran Merek Dagang!

BACA JUGA:Wow, Nanovest Rilis Kategori Hidden Gems, Koin Terbaru dan Langka untuk Investasi Kripto Diluncurkan, Simak!

Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI untuk Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, menyatakan bahwa UMKM berperan sebagai pahlawan ekonomi nasional, terutama selama krisis keuangan global yang terjadi pada tahun 2008.

"Sinergi UMKM sangat krusial dalam menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia saat krisis. Masih banyak peluang di pasar dan potensi ekspor yang dapat diisi oleh UMKM," kata Billy.

Billy juga menekankan pentingnya kegiatan seperti pendampingan UMKM dan sharing session untuk memperluas akses permodalan dan pasar sehingga UMKM dapat naik kelas dan menjadi eksportir.

Dia menambahkan bahwa produk UMKM dari Indonesia, seperti garmen dan tekstil yang banyak berasal dari Jawa Barat, telah berhasil menembus pasar ekspor seperti di Amerika Serikat, khususnya Arizona.

BACA JUGA:Stasiun Grand Central Dubai, Ikon Kemewahan dan Efisiensi dalam Perjalanan

BACA JUGA:Drone di IKN Indonesia, Transformasi Pembangunan dengan Teknologi Canggih

Billy juga mengharapkan lebih banyak dukungan dari pemerintah daerah karena mereka memiliki anggaran yang bisa digunakan untuk membantu UMKM.

Dalam kesempatan yang sama, Christina Agustin, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kolaborasi antara INOTEK dan SETC dalam mendukung UMKM, termasuk melalui peluncuran program SEMANGAT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: