Upacara HUT ke-21 Kabupaten Kaur, Bupati dan Wakil Bupati Semringah, Ada Kejutan Nasi Tumpeng!

Upacara HUT ke-21 Kabupaten Kaur, Bupati dan Wakil Bupati Semringah, Ada Kejutan Nasi Tumpeng!

Upacara HUT ke-21 Kabupaten Kaur, Bupati dan Wakil Bupati Semringah, Ada Kejutan Nasi Tumpeng!--radarkaur.co.id

Dimana dalam rentang sejarah 21 tahun Pemerintahan Kabupaten Kaur, para tokoh pemimpin telah berkarya silih berganti.

Setiap pemerintahan yang berbakti sebelumnya telah bekerja keras dan bertekad membangun daerah ini ke arah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat kabupaten kaur.

“Kita patut berbangga terhadap mereka, kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian para tokoh yang berjuang demi pembangunan di Kabupaten Kaur. Termasuk kepada seluruh masyarakat dan aparat yang telah berbakti di kabupaten kaur. Harapan kita bersama, kiranya pengabdian dan hasil karya berharga yang diberikan kepada daerah ini menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk meneruskan dan mewujudkan cita-cita luhur pendiri kabupaten kaur,” ucap Dandim.

Dikatakan Dandim pembangunan merupakan sebuah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu proses dan dinamika pembangunan harus dilakukan secara komprehensif, holistik, dan integral, sehingga tersusunlah sebuah visi pembangunan “terwujudnya kabupaten kaur yang berseri (Bersih, Sejahtera, Energik dan Religius) dengan pemerintahan profesional dan berkeadilan, serta mengedepankan kolaborasi, keterpaduan dan harmonisasi pembangunan”.

BACA JUGA:Miniso Mall Alam Sutera Re-Opening dengan Konsep Baru

BACA JUGA:Inovasi Geospasial TechnoGIS Mengguncang Hannover Messe 2024

Perjalanan waktu, di usia 21 tahun ini tentunya bukan waktu yang singkat, dan merupakan usia yang cukup matang dan dewasa untuk sebuah daerah otonomi yang telah melewati berbagai situasi dan keadaan.

Lanjut Dandim, dalam menyambut HUT yang ke-21 ini, yang mengangkat tema “Terus Berkarya Untuk Kabupaten Kaur Yang Lebih Baik, Unggul, Maju, dan Sejahtera” capaian pembangunan di kabupaten kaur meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dimana dapat dilihat dari perkembangan jumlah PDRB, pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia (IPM), dan angka kemiskinan.

PDRB Kabupaten Kaur atas dasar harga berlaku pada tahun 2021 adalah sebesar 3,90 triliun, meningkat di tahun 2022 menjadi 4,22 triliun, dan terus meningkat pada tahun 2023 menjadi sebesar 4,54 triliun (Sumber BPS kab. Kaur).

“kehidupan kualitas manusia di kabupaten kaur juga terus membaik, hal ini terlihat dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) yang sudah masuk dalam kategori sedang. Dari angka di tahun 2021 yaitu 69,71 meningkat menjadi 70,30 di tahun 2022, dan terus meningkat di tahun 2023 menjadi 70,92 (Sumber Bps Provinsi Bengkulu), capaian ipm ini tidak terlepas dari kontribusi tiga komponen utama, yaitu pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi,” kata Dandim.

Pada aspek kesejahteraan masyarakat, kata Dandim, Kabupaten Kaur berhasil menurunkan persentase jumlah penduduk miskin, dari 18,10 persen di tahun 2022 menjadi 17,83 persen pada tahun 2023 (sumber bps kab. Kaur).

BACA JUGA:Inovasi Geospasial TechnoGIS Mengguncang Hannover Messe 2024

BACA JUGA:Hisense Sambut Iker Casillas dalam Kampanye 'BEYOND GLORY' UEFA EURO 2024™

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: