Bagaimana Harga Real Estat di Rusia tahun 2024? Ini Penyebab Turunnya Harga Apartemen

Jumat 05-01-2024,20:10 WIB
Reporter : Dhery Mahendra
Editor : Muhammad Isnaini

Selain itu, selama beberapa tahun terakhir, pemerintah telah meluncurkan sejumlah program bersubsidi khusus: untuk penduduk Timur Jauh dan zona Arktik - sebesar 2%, bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan - sebesar 3%, dan untuk spesialis TI - sebesar 5%.

Dengan latar belakang munculnya semakin banyak inisiatif yang ditargetkan, para pemimpin negara pada paruh kedua tahun 2023 mulai secara bertahap memperketat persyaratan untuk hipotek preferensial. Secara khusus, jumlah uang muka untuk memperoleh pinjaman ditingkatkan dari 15 menjadi 30% dari biaya perumahan.

Pada saat yang sama, jumlah pinjaman maksimum menjadi seragam di semua wilayah dan sekarang berjumlah 6 juta rubel, meskipun sebelumnya di aglomerasi Moskow dan Sankt Peterburg batasnya mencapai 12 juta.

"Persyaratan yang lebih ketat untuk hipotek preferensial dimaksudkan untuk membantu menyingkirkan peminjam yang tidak dapat diandalkan dan mengurangi volume pinjaman bersubsidi. Hal ini, pada gilirannya, akan menghindari overheating yang lebih besar di pasar pinjaman perumahan," Valery Tumin yakin.

BACA JUGA:Maurice Novoa: Hidup Penuh Warna Dunia Perfilman, Dari Seni Pernikahan Uruguay Hingga Sinematografi Indonesia

Menaikkan uang muka dan membatasi jumlah pinjaman maksimum akan memotong hingga sepertiga permintaan, dan pengembang, dalam kondisi persaingan yang tinggi, tidak hanya harus beralih dari indeksasi harga reguler, tetapi juga mulai lebih aktif menawarkan diskon. 

"Secara umum, untuk tahun ini, setidaknya untuk kuartal pertama, saya memperkirakan akan terjadi pendinginan di pasar real estat, tidak hanya di sektor primer, tetapi juga di sektor sekunder," kata lawan bicara RT.

Menurutnya, kebijakan moneter ketat Bank Sentral akan memberikan tekanan pada harga apartemen jadi. Ingatlah bahwa mulai Juli 2023, regulator mulai menaikkan suku bunga utama secara tajam untuk memerangi inflasi dan sejak itu menaikkannya sebanyak lima kali - dari 7,5 menjadi 16% per tahun . Akibatnya, rata-rata suku bunga pasar hipotek di negara tersebut meningkat dari 11 menjadi 16%. Pada saat yang sama, karena program preferensial praktis tidak berlaku untuk pembelian perumahan sekunder, permintaan di segmen ini akan menurun di masa mendatang.

Harga yang terlalu tinggi dan menurunnya permintaan akan berkontribusi pada fakta bahwa di Moskow, St. Petersburg dan, mungkin, sejumlah kota besar lainnya, harga jual kembali akan turun hingga 10%. Pada segmen bangunan baru, dinamika harga akan bergantung pada keputusan otoritas.

BACA JUGA:JANGAN PANIK! Ini 5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Saat Migrain dan Simak Cara Mengatasi Migrain dengan Cepat

"Jika hipotek preferensial tidak diperpanjang setelah tanggal 1 Juli, permintaan akan terus melemah, dan perbedaan biaya antara perumahan primer dan sekunder akan berkurang secara signifikan. Kemudian pasar akan menjadi seimbang, dan pertumbuhan harga secara keseluruhan akan melambat hingga rata-rata 5-7% per tahun," tambah Valery Tumin.

Pandangan serupa diungkapkan oleh Oleg Samoilov, wakil presiden Persatuan Realtors Rusia. Pakar tersebut juga memperkirakan penurunan permintaan, namun tidak menutup kemungkinan adanya sedikit penurunan harga apartemen di gedung baru pada paruh kedua tahun 2024.

"Dalam konteks pengetatan kondisi hipotek preferensial dan penurunan permintaan, ada kemungkinan harga real estate dalam enam bulan akan turun sekitar 10-15%. Namun, harga tidak mungkin turun karena, tidak seperti konsumen akhir, bank dan perusahaan konstruksi tidak tertarik dengan hal ini," kata Samoilov dalam sebuah wawancara dengan RT.

Pada saat yang sama, Wakil Presiden Akademi Hipotek dan Real Estat Internasional Irina Radchenko tidak memperkirakan penurunan harga rumah yang serius di tahun baru. Menurutnya, hal ini sebagian akan terhambat oleh permintaan investasi yang terus berlanjut.

BACA JUGA:Sensasi Segar dan Sehat dengan Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari! Ini Dia 8 Manfaatnya untuk Kesehatan

Karena inflasi masih berada pada tingkat yang relatif tinggi, dan nilai tukar mata uang nasional juga tidak kebal dari penurunan, masyarakat Rusia akan terus mengarahkan tabungan mereka ke dalam meter persegi bila memungkinkan. Oleh karena itu, tidak akan terjadi penurunan harga properti secara tajam. Sebaliknya, kita akan melihat mata uang tersebut berkonsolidasi pada level saat ini, kecuali ada pelemahan baru pada rubel.***

Kategori :

Terpopuler