5 Destinasi Wisata di Provinsi Bengkulu Ini Bagian dari Perjuangan Kemerdekaan RI

5 Destinasi Wisata di Provinsi Bengkulu Ini Bagian dari Perjuangan Kemerdekaan RI

Benteng Terpendam di Benteng Harapan Kecamatan Linau Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Selain itu AK Gani merupakan diplomat ulung, tokoh yang berjasa pada TNI karena berkat kerja keras beliau tentara Indonesia mampu memiliki seragam dan peralatan tempur dengan cara menyelundupkan minyak dan menjualnya. Berkat kelincahan dan kecerdikannya Belanda menjulukinya sebagai "Si Penyelundup Minyak dari Asia Timur".

 

2. Benteng Terpendam

Benteng di Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje Kabupaten Kaur merupakan bekas persembunyian tentara Inggris pada masa kolonial. 

Tempat ini adalah salah satu markas pasukan Inggris sebelum diambil alih oleh Kolonial Belanda.

Benteng yang juga disebut Benteng Terpendam ini terletak di atas bukit. Sehingga dari posisi ini dapat melihat seluruh bagian Teluk Linau. 

Untuk menuju Benteng yang telah jadi objek pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB Jambi di Kabupaten Kaur ini harus melewati tangga. 

 

Tangga ini telah dibuat oleh tentara Inggris dahulu. Tangga itu dinamai Tangga Seribu karena jumlah mata tangganya yang berjumlah banyak dan tak terhitung.

Benteng Pendam ini dijadikan Cagar Budaya dan dilindungi UU No 11 tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. 

Sehingga siapapun yang merusak mencuri serta memindahkan dan memisahkan cagar budaya akan dipidana sesuai dengan undang-undang tersebut.

Benteng ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan dan anak anak muda untuk melihat pemandangan yang luas dari atas bukit. 

Konon belum satupun orang yang dapat secara tepat dan sama menghitung jumlah anak tangga itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: