15 Kue Tradisional Khas Bengkulu, Kesukaan Raja Bengkulu, Ada yang Diekspor hingga Mancanegara

15  Kue Tradisional Khas Bengkulu, Kesukaan Raja Bengkulu, Ada yang Diekspor hingga Mancanegara

Lemang Tapi, Kursi Tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

 

9. Bay Tat

Bay Tat  menjadi kekayaan nilai budaya di Provinsi Bengkulu. Bay Tat merupakan kue yang disukai Raja Bengkulu.  Bay Tat adalah jenis kue Lebaran paling laku keras saat disajikan. Karena memiliki citarasa yang khas.  

Kue Bay Tat bentuknya segi empat mirip kue Tart, namun corak tampilan kue mirip seperti kue Pie. Pada bagian atasnya Bay Tart diberi toping atau selai Nanas. Rasa asam selai nanas inilah yang membuat Kue Bay Tat dari Bengkulu terbilang unik.  

Bay Tat sendiri memiliki arti Induk Tart dalam bahasa Bengkulu. Masakan ini juga banyak dijual dipasaran, serta disukai oleh banyak kalangan dari Status sosial mana saja. 

Bay Tat memiliki banyak julukan yang unik, misalnya dikaur disebut Buak Bay Tay, joda tat oleh masyarakat Suku Lembak, dan Juada Tat oleh masyarakat Bengkulu Selatan.  

 

10. Perut Punai

Perut Punai adalah jenis Kue Kering dari Bengkulu yang memiliki rasa menggugah selera. Perut Punai tersaji dalam dua varian, yaitu original dan manis. 

Asal mula dinamakan kue Perut Punai, karena masakan ini memiliki bentuk mungil dan mirip seperti perut burung Punai.  

Kue Perut Punai bisa dibeli di toko kue khas Bengkulu, salah satunya Perut Punai Hijrah yang berada di Jalan Dp Negara No 20. Serta banyak dijual ditoko oleh-oleh khas Bengkulu.  

 

11. Lepek Binti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: