15 Kue Tradisional Khas Bengkulu, Kesukaan Raja Bengkulu, Ada yang Diekspor hingga Mancanegara

15  Kue Tradisional Khas Bengkulu, Kesukaan Raja Bengkulu, Ada yang Diekspor hingga Mancanegara

Lemang Tapi, Kursi Tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Lepek Binti kue Bengkulu yang laris hingga Mancanegara. Masakan ini berupa olahan tepung ketan yang diadon, lalu diberi tambahan selai kelapa parut diberi gula merah. 

Adonan semula dibentuk bulat, dipipihkan, diberi selai lalu dibentuk kembali. Terakhir bungkus pakai daun Pisang, sebelum dibungkus Lepek diberi siraman santan sedikit untuk menambah cita rasa yang khas.  

Lepek Binti menjadi salah satu olahan kue tradisional khas Bengkulu yang semula dijadikan usaha rumahan, karena rasanya yang seunik itu kue ini menjadi kesukaan warga asing.  

 

12. Kembang Goyang

Kembang Goyang adalah sajian kue cemilan dari Bengkulu. Bentuknya berupa bunga atau kembang, kue ini secara khusus di Bengkulu memiliki rasa manis. Kue ini juga disajikan saat lebaran.  

Dinamakan kembang Goyang karena proses memasaknya cukup unik dan menantang. Dimana yang memasak harus pintar menggoyangkan adonan encer yang sudah dicelup kedalam cetakan bunga. 

Namun, rasa gurih dan renyah itulah yang membuat Kembang Goyang banyak disukai.  

 

13. Buak Gandum atau Kue Tat

 

Buak Gandum adalah  kue wajib pernikahan masyarakat Bengkulu. Buak Gandum hampir mirip dengan Tat, namun bentuknya unik serta isian intinya berada dibagian dalam.  

Berbeda dengan Bay Tat yang berbentuk kotak, Buak Gandum sendiri bisa dibentuk dengan bermacam variasi serta diukir bagian atasnya dengan cara dicubit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: